Sabtu, 04 Mei 2013

Beranda » Terpopuler - Tak Punya Kader Mumpuni, PDIP Korbankan Jokowi

Terpopuler - Tak Punya Kader Mumpuni, PDIP Korbankan Jokowi

INILAH.COM, Jakarta - Sosok Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) sangat fenomenal saat ini. Bahkan Jokowi sering dijadikan sebagai juru kampanye (jurkam) Calon Gubernur (Cagub) dari PDI Perjuangan untuk mendompleng suara.

Dengan eksploitasi ini, PDI Perjuangan dinilai telah mengorbankan sosok Jokowi demi kepentingan partainya. Padahal kader-kader PDI Perjuangan sebenarnya sangat mumpuni.

"Karena kader tidak mumpuni maka Jokowi dikorbankan untuk jadi jurkam dan artis dipasang sebagai caleg untuk menarik calon pemilih," ujar Pengamat hukum dari Unversitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta Mudzakkir kepada INILAH.COM, Sabtu (4/5/2013).

Popularitas yang diperoleh Jokowi dimulai dari langkahnya maju dalam Pilgub DKI Jakarta. Setelah berhasil mengalahkan pasangan incumbent yakni Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli, popularitas Jokowi terus menanjak.

Atas popularitas tersebut, Jokowi sudah tiga kali menjadi jurkam untuk calon gubernur dari PDIP ditiga pilkada. Namun tidak ada satupun kader di tiga Pilgub itu yang berhasil menang.

"Jika tidak pernah menang, itu sebagai bukti bahwa rakyat semakin cerdas dan pinter, tidak mau dikelabui oleh partai politik. Rakyat tahu calon yang di usung (PDIP) tidak memiliki kapasitas sama dengan jurkam (Jokowi)," tambahnya.

Sebelumnya, Jokowi pernah menjadi jurkam Cagub-Cawagub Rieke Diah Pitaloka dan Teten Masduki pada pilkada Jawa Barat. Selanjutnya Jokowi juga pernah menjadi jurkam pasangan Effendi Simbolon-Djumiran Abdi pada pilkada Sumater Utara. Terakhir, Jokowi juga menjadi jurkam Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko pada pilkada Jawa Tengah.

Adapun pada pilkada Bali Jokowi menjuru kampanyekan pasangan gubernur Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga dan calon wakil gubernur Dewa Nyoman Sukrawan.[jat]


http://nasional.inilah.com/read/detail/1985712/tak-punya-kader-mumpuni-pdip-korbankan-jokowi