Rabu, 08 Mei 2013

Beranda » Janji Pemilik pada Buruh Pabrik Panci

Janji Pemilik pada Buruh Pabrik Panci

TEMPO.CO , Jakarta:Nuryana, buruh pabrik panci di Tanggerang, mengaku dijanjikan kontrak kerja selama enam bulan dan fasilitas jika mau bekerja di CV Cahaya Logam. Janji ini disampaikan oleh pria bernama Taufik yang menjemputnya dari Cianjur. "Katanya saya akan digaji Rp 600 ribu setiap bulan," kata Nuryana, Rabu, 8 Mei 2013.

Taufik juga mengatakan perusahaan akan memberikan tempat tinggal layak. Taufik, kata dia, akan memberikan makan dan uang rokok. "Pokonya kami hanya tinggal bekerja, semuanya sudah diatur," kata dia ruangan KontraS.

Mendengar itu dia tertarik. Sebelum bertemu Taufik, dia diajak oleh Yumil. Yumil ini, kata dia, teman sekampung di Cianjur. Taufik kemudian menjemputnya. Di perjalanan. Kata dia, Taufik mengatakan kalau tempat tinggalnya nanti dekat dengan mes pekerja perempuan. "Waktu itu saya senang juga mendengarnya," kata Nuryana.

Sampai di pabrik, dia disambut oleh Yuki Irawan, si empunya perusahaan. Yuki menjanjikan kontrak kerja selama enam bulan. Dia menjelaskan tidak ada perjanjian tertulis. Si bos, begitu para buruh biasa menyapa Yuki, akan menaikkan gaji hingga 1,5 juta jika para pekerja patuh. Gaji selama enam bulan akan diberikan saat kontrak selesai. "Jika tidak memperpanjang kontrak, pekerja akan diantar pulang," kata Nuryana.

Janji ini juga dikatakan pada pekerja lain. Dia tahu setelah bercerita dengan Dirman, pekerja yang masuk sepuluh hari lebih awal. Setelah ditanyakan kepada pekerja yang lain jawaban mereka semua sama. "Kita semua dijanjikan itu oleh Taufik," katanya.

Dirman dan Bagas dijemput oleh Taufik dari Cianjur sekitar bulan November 2012 lalu. Sepuluh hari berselang, dia kembali ke Cianjur untuk menjemput Nuryana dan Ramlan. Taufik juga yang menjemput Idan dan Majid di Lampung. Diduga kuat Taufik adalah orang suruhan Yuki Irawan untuk merekrut pemuda yang akan dijadikan pekerja.

RAMADHANI

Topik terhangat
E-KTP | Vitalia Sesha & Wanita-wanita Fathanah | Perbudakan Buruh

Dunia Terpopuler
Najib Razak Diramal Mundur Akhir Tahun Ini 
Warga Malaysia Ajukan Petisi Kecurangan Pemilu 
Najib Razak Diambil Sumpah PM Malaysia


http://www.tempointeraktif.com/hg/kriminal/2013/05/09/brk,20130509-479056,id.html