Kamis, 09 Mei 2013

Beranda » Pendaki Gunung Semeru Membludak  

Pendaki Gunung Semeru Membludak  

Jum'at, 10 Mei 2013 | 08:39 WIB

TEMPO.CO, Surabaya - Obyek wisata petualangan Gunung Semeru mengalami lonjakan jumlah pendaki dalam libur panjang akhir pekan ini. Otoritas Taman Nasional Bromo Tengger Semeru memperkirakan jumlah pendaki yang berada di jalur Ranu Kumbolo - Kalimati mencapai 2.000 orang, Jumat, 10 Mei 2013.

Kepala Bidang Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) di Kabupaten Lumajang, Sucipto mengatakan pada Selasa, 7 Mei 2013 kemarin, jumlah pendaki sekitar 1.400 orang. Keesokan harinya, Rabu 8 mei 2013, ada 1.000 pendaki yang masuk. Jumlah tersebut belum termasuk pendaki yang naik pada 9 - 10 Mei 2013. "Jumlah pendaki yang berada di jalur Ranu Kumbolo hingga Kalimati lebih dari 2.000 orang," kata Sucipto kepada Tempo, Jumat pagi ini.

Sucipto mengatakan, membludaknya jumlah pendaki ini sebenarnya sudah diperkirakan sejak sebelum dibukanya kembali jalur pendakian gunung api dengan ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut ini. Menurut Sucipto, sebelum pendakian dibuka, sudah banyak pendaki yang menanyakan kapan pendakian Semeru dibuka lagi. "Karena itu sudah kami perkirakan akan membludak, namun perkiraan kami tidak sampai sebanyak ini," kata dia.

Sebelumnya dia memprediksi, jumlah pendaki kemungkinan masih dibawah 1.000 orang. "Dalam beberapa hari terakhir jumlahnya mencapai 2.000 orang ternyata," katanya. Gunung Semeru dibuka kembali untuk pendakian pada 25 April 2013 lalu setelah sempat ditutup karena masa pemulihan sejak 8 Januari 2013. Otoritas TN BTS menyatakan pendakian hanya direkomendasikan hingga Kalimati. Status aktifitas gunung api tertinggi di Pulau Jawa kini masih di level Waspada.

Pendakian ke Gunung Semeru rata-rata memakan waktu dua sampai tiga hari. Para pendaki lazimnya naik dari Desa Ranupane, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, menuju Ranu Kumbolo. Waktu tempuhnya keurang lebih 5 hingga 6 jam. Kemudian dari Ranu Kumbolo menuju Kalimati memakan waktu kurang lebih 3 hingga 4 jam. Dari Kalimati menuju Arcapa waktu tempuhnya sekitar 3 sampai 4 jam. Trek terakhir adalah Arcapada menuju Puncak Mahameru dengan waktu tempuh antara 6 hingga 8 jam.

DAVID PRIYASIDHARTA

Topik terhangat:
Pengg
erebekan Teroris | E-KTP |Vitalia Sesha & Wanita-wanita Fathanah | Perbudakan Buruh

Berita lainnya:
Bos Perbudakan Buruh Panci, Yuki Irawan Buka Suara
Tersangka Teroris Sembunyi di Bak Air
Pintar Agama dan Bahasa Arab, Fathanah Tak Jumatan
Arya Wiguna: Vitalia Sesha itu Beneran Cantik
Fathanah Naikkan Gaji Sopir Tiap Bulan


http://www.tempointeraktif.com/hg/travel_trip/2013/05/10/brk,20130510-479260,id.html