Kamis, 09 Mei 2013

Beranda » Spurs Tunda Kelolosan Chelsea

Spurs Tunda Kelolosan Chelsea

TEMPO.CO, London - Chelsea gagal lebih cepat memastikan tiket ke Liga Champions Eropa musim depan, setelah  hanya bermain imbang 2-2 ketika menjamu Tottenham Hotspur di Stamford Bridge, Rabu lalu, 8 Mei 2013. Meski sempat unggul, The Blues (julukan Chelsea) akhirnya berhasil diimbangi Spurs.

Hasil yang tentu layak disesali pendukung Chelsea. Tadinya, andaikata menang atas "tetangga" sesama London itu, Chelsea sudah akan mengumpulkan 71 poin dan tidak lagi mampu didongkel Spurs di posisi empat besar di klasemen akhir. Posisi keempat adalah batas minimal untuk bisa berlaga di kompetisi antarklub paling bergengsi di Benua Biru.

Dampaknya, manajemen pun bisa lebih cepat menyusun skuad untuk musim depan, menetapkan pelatih baru dan berburu pemain. Namun akibat belum jelasnya tiket tersebut, niatan "renovasi" skuad lebih awal pun sementara terpaksa ditunda.

Fernando Torres cs memang kembali menunjukkan sikap ceroboh dalam pertandingan melawan Spurs (julukan Tottenham). Hampir memastikan tiga poin, namun mereka kembali kecolongan di menit-menit akhir. Mirip seperti yang ditunjukkan anak asuh Rafael Benitez itu kala menghadapi Liverpool.

"Ada empat atau lima serangan balik yang bisa berbuah gol dan membuat kami bisa menuntaskan pertandingan lebih cepat. Tapi kami tidak memanfaatkan itu. Kami tidak mencetak gol ketiga dan menyelesaikan perlawanan Spurs," kata Rafael Benitez, memberi alasan kegagalan timnya meraup tiga poin.

Sebelum memberi jawaban itu, Benitez memulainya dengan tarikan nafas panjang. Mukanya masam. Pria Spanyol itu memang tampak menyesali hasil pertandingan. Dan seperti kehabisan alasan, ia malah mengkritik Spurs, yang dinilainya tidak layak pulang dengan satu poin.

"Saya pikir gol Emmanuel Adebayor itu off-side," kata Benitez, mengomentari gol pertama anak asuh Andre Villas-Boas tersebut.

Adapun Villas-Boas enggan menanggapi komentar Benitez soal keabsahan gol Adebayor. Pria Portugal itu lebih tertarik untuk fokus pada dua laga tersisa di Liga Premier Inggris menghadapi Stoke City dan Sunderland, yang akan menentukan kiprah timnya musim depan.

"Jelas dengan poin yang kami miliki sekarang, peluang lolos ke Liga Champion musim depan tidak ada di tangan kami sendiri. Tim lain (Chelsea dan Arsenal) harus kehilangan poin. Tapi saya tidak mau terganggu dengan itu. Kami harus fokus pada dua laga tersisa saja, karena di Liga Inggris apapun bisa terjadi," kata Villas-Boas.

Berbeda dengan sang pelatih yang lebih kalem soal peluang lolos ke Liga Champions, sang pencetak gol Emmanuel Adebayor sangat berambisi timnya bisa kembali tampil di kompetisi itu. Spurs memang melewatkan Liga Champions musim ini. Terakhir kali tim berjuluk The Lily White itu tampil pada musim 2010/ 2011 dan mencapai babak perempat final.

"Kami tidak boleh menyesal meski hanya meraih satu poin. Kami harus memulihkan diri dengan cepat untuk pertandingan selanjutnya. Kami harus terus berjuang, karena masih ada dua pertandingan sisa," kata Adebayor, mencoba mengobarkan semangat rekan-rekannya. "Jika kami nanti memenangkan dua pertandingan itu, kami ada peluang untuk bermain di Liga Champion," penyerang asal Togo itu menambahkan.

Ihwal sama dilontarkan sang kapten, Michael Dawson. Ia pun meminta seluruh tim tetap berjuang hingga akhir untuk mengejar tiket ke Liga Champion. Menurut pemain asal Inggris itu, tim sudah berada di jalan yang benar, dengan semangat pantang menyerah untuk meraih hasil maksimal.

"Lihat saja pertandingan melawan Chelsea, ketika tim terus berjuang untuk meraih poin. Akhirnya kami bisa mencetak gol penyama kedudukan di menit ke-80. Pertandingan itu sangat berat, tapi kami menunjukkan semangat juang yang tinggi," kata Dawson.

Chelsea mungkin bisa memastikan tiket ke Liga Champion pada akhir pekan ini, andaikata menang ketika bertandang ke markas Aston Villa. Praktis hanya tersisa pertarungan antara Arsenal dan Tottenham Hotspurs untuk satu tiket tersisa. Tapi seperti yang sudah dikatakan Dawson, Spurs tetap tidak akan menyerah, meski hanya tersisa secuil peluang. "Kami akan terus berjuang," katanya.

SKY SPORTS | GUARDIAN | BBC | ARIE FIRDAUS


http://www.tempointeraktif.com/hg/sepakbola/2013/05/09/brk,20130509-479201,id.html