Minggu, 05 Mei 2013

Beranda » Terpopuler - Pemilu Malaysia Mengejutkan, Underdogs Menang

Terpopuler - Pemilu Malaysia Mengejutkan, Underdogs Menang

INILAH.COM, Kuala Lumpur – Penghitungan suara pemilu Malaysia 2013 secara resmi berakhir, Senin (6/5/2013) dini hari. Komisi Pemilihan Umum menyatakan pemilu dimenangi oleh koalisi Barisan Nasional (BN) yang kini menjadi partai penguasa.

Dengan kemenangan ini, Barisan Nasional akan kembali memimpin parlemen, meskipun tidak mayoritas karena gagal meraih 2/3 kursi atau 148 kursi dari 222 kursi yang diperebutkan. Penghitungan suara final menunjukkan koalisi Barisan Nasional meraih 133 kursi sedangkan koalisi oposisi Pakatan Rakyat pimpinan Anwar Ibrahim meraih 89 kursi.

Pemilu Malaysia ke-13 (Pemilihan Raya Umum ke-13) ini berakhir mengejutkan karena tokoh-tokoh besar gagal meraih kursi, sedangkan para underdogs meraih kemenangan mutlak.

Tokoh-tokoh ternama Malaysia yang gagal antara lain calon untuk Lembah Pantai dari Barisan Nasional Datuk Raja Nong Chik Raja Zainal Abidin, untuk Johor Mentri Besar Datuk Seri Abdul Ghani Othman, Ketua Malaka Minister Datuk Seri Mohd Ali Rustam, calon dari PAS' Datuk Husam Musa, Mohamad Sabu dan Salahuddin Ayub, calon dari PKR Datuk Saifuddin Nasution, dari MCA Datuk Seri Kong Cho Ha dan Datuk Donald Lim serta calon ternama dari UMNO Dr Puad Zarkashi.

Dua calon dari Partai Perkasa, Datuk Ibrahim Ali dan Datuk Zulkifli Nordin juga gagal kembali ke parlemen. Tidak seperti pemilu 2008, kali ini mereka maju sebagai calon dari kelompok independen. Pada pemilu kali ini calon-calon dari kelompok independen tidak meraih kursi sama sekali.

Sementara itu, nama-nama yang tidak diunggulkan seperti calon dari PKR Nurul Izzah Anwar mengalahkan Nong Chik dengan selisih 1.847 suara mutlak untuk kursi dari Lembah Pantai. Lim Kit Siang yang merupakan kelompok oposisi dari Partai DAP mengalahkan saingannya Ghani untuk kursi parlemen dari Gelang Patah.

Kemenangan Lim ini sekaligus untuk pertama kalinya mewujudkan tekadnya untuk melibas Barisan Nasional di Johor.

Nama besar lainnya yang gagal adalah Mohd Ali, yang bertarung untuk kursi dari Bukit Katil di Malaka. Ia dikalahkan calon dari PKR Shamsul Iskandar Mohd Akin dengan selisih suara 5.447. [tjs]


http://web.inilah.com/read/detail/1985962/pemilu-malaysia-mengejutkan-underdogs-menang