Senin, 06 Mei 2013

Beranda » PSSI Akan Gelar Turnamen Pemanasan SEA Games

PSSI Akan Gelar Turnamen Pemanasan SEA Games

Pemain Timnas Indonesia, Boas Solossa mengolah bola saat akan melewati pemain Arab Saudi dalam laga pertadingan Pra Piala Asia di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, (23/3). TEMPO/Seto Wardhana

TEMPO.CO, Jakarta - Untuk mempersiapkan tim nasional di bawah umur 23 tahun (timnas U-23) dalam menghadapi SEA Games ke-27  di Myanmar, Desember 2013, Badan Tim Nasional (BTN) berencana mengadakan turnamen internasional di Indonesia pada Oktober 2013 yang akan diikuti empat negara peserta SEA Games. Namun, Badan Tim Nasional belum bisa memerinci nama turnamen, tanggal, maupun, negara pesertanya.

"Gambaran umum program sudah kami susun, selanjutnya akan dibahas lagi oleh BTN," kata Sekretaris BTN Sefdin Syaefudin di Jakarta, Senin, 6 Mei 2013. Menurut Sefdin, turnamen itu adalah salah satu bentuk uji tanding bagi timnas U-23.

Selain turnamen internasional, BTN juga telah merencanakan uji tanding dan kamp pelatihan di luar negeri pada November 2013. Sefdin juga belum dapat  memerinci di negara mana uji tanding dan kamp pelatihan itu akan dilaksanakan. Uji tanding lain, kata Sefdin, adalah keikutsertaan timnas U-23 dalam pesta olahraga negara-negara anggota Organisasi Konferensi Islam, Islamic Solidarity Games (ISG)  ke-3 di Jakarta,  September mendatang.

Sebelumnya, Kepala Pelatih Timnas U-23 Rahmad Darmawan menyatakan timnas minimal harus menjalani uji coba sebanyak 14 kali. Beberapa di antaranya adalah uji tanding ke luar negeri. Menurut Rahmad, jumlah itu adalah jumlah yang ideal berdasarkan pengalamannya membawa timnas Indonesia meraih perak di SEA Games 2011.

Mengenai pendanaan kamp pelatihan dan uji tanding ke luar negeri, Ketua BTN La Nyalla Mattalitti sebelumnya menyatakan BTN siap menyediakan dana. Bantuan itu diperlukan lantaran Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) hanya memberi jatah tiga kali uji tanding ke luar negeri kepada timnas.

GADI MAKITAN


http://www.tempointeraktif.com/hg/sepakbola/2013/05/06/brk,20130506-478409,id.html