Minggu, 05 Mei 2013

Beranda » Ajax Juara, De Boer Samai Rekor Michels-Van Gaal

Ajax Juara, De Boer Samai Rekor Michels-Van Gaal

TEMPO.CO, Amsterdam - Pelatih Ajax, Frank de Boer, berhasil mensejajarkan diri dengan dua pelatih legendaris Belanda, Rinus Michels dan Louis van Gaal. De Boer menjadi pelatih ketiga Ajax yang sukses mengantarkan timnya menjuarai Eredivisie tiga kali secara berturut-turut.

Tampil di hadapan pulihan ribu pendukungnya sendiri di Amsterdam ArenA, pada Minggu, 5 Mei 2013, Ajax berhasil memastikan diri sebagai jawara usai menekuk Willem II Tilburg dengan skor telak 5-0. Ajax keluar sebagai juara meski Eredivisie masih menyisakan satu pertandingan lagi. Torehan 73 poin Ajax sudah tak bisa dikejar PSV.

Hat-trick yang diraih De Boer bersama Ajax tentu sangat spesial. Pelatih 42 tahun itu mengikuti jejak Michels. "Bapak Total Football" itu membawa Ajax juara pada tahun 1966 sampai 1968. Sementara, Van Gaal mengantarkan Ajax juara dari tahun 1994 hingga 1996.

"Ini adalah catatan yang bagus," kata De Boer. "Sungguh istimewa bisa mencapai apa yang telah mereka lakukan di klub ini. Ketika Anda dibanding-bandingkan dengan sosok seperti mereka, Anda hanya bisa merasa bangga."

Tambahan satu gelar ini membuat Ajax kian menjauhi jumlah gelar PSV. Ajax sudah mengoleksi 32 gelar Eredivisie. The Amsterdammers unggul 11 gelar dari PSV. Sementara itu, Willem dipastikan turun kasta ke Eerste Divisie usai menelan kekalahan telak dari Ajax.

SPORTS MOLE | ANTONIUS WISHNU

Berita terpopuler:
Gol Mata Naikan Peringkat Chelsea 
Antonio Conte Akan Bahas Masa Depannya di Juventus
Juve Kembali Kuasai Seri-A
Juventus Pertahankan Gelar Juara Seri A
Rahmad: Timnas Uji Tanding Minimal 14 Kali


http://www.tempointeraktif.com/hg/sepakbola/2013/05/06/brk,20130506-478192,id.html