Kamis, 02 Mei 2013

Beranda » Susno Pilih Lapas Cibinong Karena Dekat Rumah

Susno Pilih Lapas Cibinong Karena Dekat Rumah

aksa Agung Basrief Arief memberikan keterangan pers terkait kasus Susno Duadji di Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta, Jumat (3/5). Susno Duadji yang telah menjadi buron selama empat hari terhitung Senin 29 April 2013 akhirnya menyerahkan diri kepada Kejaksaan Agung, Jumat 3 Mei 2013. TEMPO/Subekti

TEMPO.CO, Jakarta - Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II Pondok Rajeg, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Abdul Hany mengatakan Susno Duadji tiba di Lapas sekitar pukul 23.10. Susno didampingi empat jaksa, Kepala Kejari Jakarta Selatan, Kepala Kejati DKI dan pengacaranya.

"Susno masuk kamar hunian pukul 23.30 setelah menanda-tangani berita acara penyerahan dan cek kesehatan," kata Abdul di Pondok Rajeg, Jum'at, 3 Mei 2013. "Hasil pemeriksaan dokter lapas, Pak Susno segar bugar."

Ditanya kenapa Susno memilih Lapas Cibinong, Abdul mengatakan, karena dekat dengan rumah tinggal Susno di Depok. Selain itu, pihak lapas juga menjamin keamanan mantan Kabareskrim selama menjadi warga Lapas Pondok Rajeg. "Diminta atau tidak diminta sudah tanggung jawab kami menjamin keamanan beliau."

Adapun Lapas Kelas II Pondok Rajeg memiliki empat blok, yakni Blok A, B, C dan D. Lapas ini memiliki kapasitas hunian sebanyak 950 orang. "Saat ini ada 1.150 warga binaan yang tinggal di lapas," kata Abdul.

Dipilihnya pelaksanaan eksekusi di Lapas kelas II Cibinong oleh Susno bukan tanpa alasan. Tempat inilah yang ditunjuk sesuai dengan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dan permohonan pengacara Susno terdahulu pada 11 Februari 2013. "Proses berjalan, administrasi di lapas itu dengan berita acara penerimaan Pak Susno," kata dia.

Susno Duadji sempat kabur setelah permohonan kasasinya di Mahkamah Agung ditolak. Susno divonis hukuman 3 tahun 6 bulan penjara, denda Rp 200 juta, serta uang pengganti Rp 4 miliar. Jenderal bintang tiga itu pun dinyatakan sebagai buronan sebelum akhirnya menyerahkan diri tadi malam.Simak sepak terjang Susno Duadji di sini.

ARIHTA U SURBAKTI

Topik terhangat:
Susno Duadji
 | Ustad Jefry | Caleg | Ujian Nasional

Berita Lainnya:
Yusril: Menyerah, Tak Berarti Susno Mengakui
Pesan Susno ke Yusril: Saya Minta Dieksekusi  
Susno Duadji Masuk Sel Cibinong Tengah Malam 
Pengacara Susno Duadji: Itu Kabar Burung  
Moge Ringsek Uje Bakal Dilelang
Uang Lelang Moge Uje untuk Bangun Masjid
Densus 88 Tangkap Tiga Terduga Teroris


http://www.tempointeraktif.com/hg/hukum/2013/05/03/brk,20130503-477651,id.html