Senin, 06 Mei 2013

Beranda » Gagal Jantung, Maria Taklukkan Ujian Nasional

Gagal Jantung, Maria Taklukkan Ujian Nasional

Sejumlah siswa penyandang tuna netra mengerjakan soal Ujian Nasional (UN) di SDLB-A Yayasan Pendidikan Anak Buta (YPAB), Tegalsari, Surabaya, Jatim (6/5). ANTARA/M Risyal Hidayat

TEMPO.CO Kupang  - Maria Yanti Igniosa Oki, 11 tahun, telah divonis menderita gagal jantung oleh dokter. Namun siswa Sekolah Dasar Negeri Sasi, Kecamatan Kota Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara, ini tidak mengurungkan niatnya untuk mengikuti ujian nasional.

Sejak hari pertama Senin lalu, Maria terus hadir di sekolah. Seperti teman-temannya, Maria duduk manis mengerjakan lembar-lembar soal yang disodorkan. Bedanya, Maria dibekali obat-obatan penahan sakit. "Saya selalu siap mengikuti UN, walaupun harus dibekali obat," kata Maria, Selasa 7 Mei 2013.

Maria mengantongi obat sesuai dengan resep dokter. Satu diantaranya adalah obat mata yang harus digunakannya saat matanya memerah dan mengeluarkan darah. Itu bisa terjadi jika dia mengalami panas tinggi. Obat itu diberikan agar Maria bisa mengerjakan soal ujian tanpa terganggu rasa sakit.

Maria menganggap sakit yang dideritanya bukan penghalang untuk melanjutkan studi. Meski gagal jantung termasuk penyakit ganas bagi anak sebelia Maria. "Saya mau sekolah setinggi mungkin," katanya.

Selama mengikuti ujian nasional, Maria juga selalu diawasi ibunya, Magdalena. Pengawasan itu dipandang perlu karena kekhawatiran dampak tekanan akibat ujian. "Maria juga sering mengeluhkan dada sebelah kiri nyeri dan sakit menusuk," kata Magdalena. "Dia sering mengeluh sakit waktu mengikuti ujian."

Usai ujian nasional nanti, Magdalena berencana merujuk Maria ke rumah sakit di Surabaya, Jawa Timur. Namun rencana itu masih tergantung pada kesediaan dana. "Saya pasrah saja. Semoga ada yang mau membantu Maria untuk dioperasi di Surabaya," katanya.

Kepala Sekolah SD Sasi, Landelinus Nesi, mengatakan, kalau seluruh pengajar di sekolah itu telah mengetahui kondisi kesehatan Maria. "Kami ikut memantau perkembangan Maria," kata Landelinus.

YOHANES SEO


Berita hangat:

Pemilu Malaysia | Harga BBM | Susno Duadji | Ustad Jefry | Caleg

Berita Lainnya:
Akun Vitalia Sesha Pamer Foto di Twitter
Sejam Akun Twitter @hattarajasa Dijebol Hacker
Anas Urbaningrum, Sambal Pecel dan Hambalang
Begini Penyekapan Buruh Pabrik Panci Terbongkar
Siapa Vitalia Shesya, Teman Dekat Ahmad Fathanah?


http://www.tempointeraktif.com/hg/pendidikan/2013/05/07/brk,20130507-478552,id.html