Jumat, 12 April 2013

Beranda » Pelaksanaan Ujian Nasional di NTT Diundur

Pelaksanaan Ujian Nasional di NTT Diundur

TEMPO.CO, Kupang - Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) pada hari pertama tingkat SMA di Nusa Tenggara Timur (NTT), yang sedianya dilaksanakan Senin, 15 April 2013, diundur ke hari Jumat, 19 April 2013, karena hingga saat ini soal UN belum didistribusikan seluruhnya ke daerah tersebut. (Baca: 4 Faktor Penentu Kelulusan Ujian Nasional)

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (PPO) NTT, Klemens Meba mengatakan, keputusan diundurnya pelaksanaan UN tersebut diambil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhammad Nuh. Karena keterlambatan pengiriman soal UN. "Mendikbud sudah umumkan pelaksanaan UN NTT hari pertama diundur," katanya kepada wartawan di Kupang, Sabtu, 14 April 2013.

Pengalihan itu, menurut dia, hanya untuk pelaksanaan UN tingkat SMA dan kesetaraan Paket C pada hari pertama, sedangkan pelaksanaan UN hari kedua dan ketiga berjalan sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.

"Kami sudah lakukan koordinasi dengan Dinas PPO kabupaten/kota untuk tetap memnghimbau agar guru maupun anak-anak tetap mempersiapkan diri dan tidak terganggu dengan tersendatnya distribusi naskah soal UN dari Jakarta ke NTT," katanya.

Dia mengatakan, lambanya pendistribusian soal UN dipantau langsung Mendikbud di percetakan yang dipercayakan menggandakan soal UN tersebut. Ini berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana penggadaan dan pendistribusian diserahkan ke Dinas pendidikan provinsi.

Walaupun mengalami penundaan, namun Klemens menjamin tidak akan terjadi kebocoran soal UN, kendaati pelaksanaannya tidak dilakukan bersamaan dengan daerah lainnya. "Kami jamin, tidak mungkin ada kebocoran soal UN. Kami juga mengimbau agar peserta UN tidak terkecoh dengan beredarnya berbagai kunci jawaban UN," katanya.

YOHANES SEO


Terpopuler

Lagi, Cuit Anas di Twitter Sentil SBY
Denny Sumargo Menangis di Hadapan DJ Verny
Begini Cara Wildan Meretas Situs Presiden SBY
Razia Ngangkang di Aceh, 35 Orang Terjaring
Menolak Eksekusi, Susno Blak-blakan di YouTube
LSI: Hanya Ada Tiga Capres Pada Pemilu 2014
Rizal Ramli Diperiksa KPK Terkait BLBI
Komnas HAM: Penyerang Cebongan 14 Orang
Ini Hasil Undian Semifinal Liga Europa


http://www.tempointeraktif.com/hg/nusa/2013/04/13/brk,20130413-473169,id.html