Selasa, 30 April 2013

Beranda » Pekerja Katering Bandara Soetta Mogok Kerja

Pekerja Katering Bandara Soetta Mogok Kerja

Karyawan Aerofood Aerowisata Catering Services melakukan aksi mogok kerja menjelang May Day di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, (30/4). Aksi mogok ini membuat penerbangan domestik serta internasional menjadi terganggu karena tidak adanya makanan untuk maskapai penerbangan. TEMPO/Marifka Wahyu Hidayat

TEMPO.CO, Tangerang -Ratusan pekerja katering PT. Aerowisata Catering Service (ACS) Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, yang tergabung dalam Serikat Pekerja Sekar Sejahtera berdemo sejak Senin malam hingga Selasa, 30 April 2013. Mereka menuntut hak-hak karyawan pada perusahaan.

Dalam aksinya, para pekerja menuntut penetapan tunjangan masa kerja Rp 1,5 juta per tahun, mengembalikan gaji karyawan 18 kali per tahun, menetapkan komponen upah karyawan, dan menetapkan uang transport Rp 1 juta per. "Kami juga menuntut perusahaan memberi penghargaan kepada karyawan yang telah berkerja 30 tahun," kata koordinator aksi, Parijo.

Selain tuntutan kesejahteraan, para buruh juga meminta perusahaan melaksanakan runding Perjanjian Kerja Bersama dalam Undang-Undang Tenaga Kerja Nmor 13 tahun 2003 dan Keputusan Menteri Tenaga Kerja Nomor 48 tahun 2004. "Kami menuntut karyawan kontrak menjadi permanen dan karyawan yang dimutasi ke anak perusahaan PT ACS," kata Parijo.

Nanda, karyawan yang sudah 29 tahun bekerja, hanya mengantongi gaji dasar Rp 1,6 juta. "Kami baru dua bulan terakhir dapat Rp 2,8 juta, tapi sekarang tidak lagi. Makanya kami demo,"ujar Nanda.

Pengamatan Tempo, 500-an karyawan duduk-duduk di luar gedung ACS. Aktivitas dapur dihentikan sejak pukul Selasa dinihari pukul 00.01 WIB. "Informasi yang beredar 15 penerbangan Garuda tidak dilayani katering," ujar Nanda.

AYU CIPTA

Berita lainnya:

Besok, SBY Umumkan Kenaikan Harga BBM  
Pengedar Sabu itu Ternyata Perwira Berprestasi
Iron Man 3 Gusur `Kerasukan`, Bioskop21 Diprotes  
Lurah-Camat Protes, Jokowi: Tidak Masalah


http://www.tempointeraktif.com/hg/metro_sudut/2013/04/30/brk,20130430-476873,id.html