Senin, 29 April 2013

Beranda » Besok, SBY Umumkan Kenaikan Harga BBM

Besok, SBY Umumkan Kenaikan Harga BBM

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Jero Wacik, mengisyaratkan kebijakan dua harga untuk bahan bakar minyak bersubsidi bakal ditinggalkan pemerintah. "Kemungkinan satu harga sesuai keinginan masyarakat dan di bawah Rp 6.500 per liter," kata Jero seusai rapat kabinet terbatas membahas kebijakan BBM, di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Senin, 29 April 2013.

Ia belum bisa memastikan harga pasti BBM bersubsidi nantinya lantaran masih dalam penghitungan pemerintah. Meski begitu, Jero memastikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bakal mengumumkan kebijakan BBM ini dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrembangnas), Selasa, 30 April, besok. "Akan diumumkan opsi yang diambil," ujarnya.

Menurut Jero, kebijakan dua harga BBM bersubsidi yang kemungkinan besar bakal ditinggalkan pemerintah dilatarbelakangi masukan masyarakat dan Dewan Perwakilan Rakyat agar kebijakan itu tak diterapkan. "Beberapa gubernur mengusulkan lebih praktis satu harga, tetapi di bawah Rp 6.500," ucap dia.

Presiden SBY, ia menambahkan, juga meminta masukan masyarakat itu didengarkan. Jika nantinya dipilih opsi satu harga, Jero menyatakan perlu dihitung beberapa hal, seperti angka inflasi dan kompensasi untuk masyarakat. "Kompensasi harus jelas. Apa saja? Berapa? Dalam bentuk apa?" katanya. Selain itu, perlu juga ada bantuan dana tunai. "Kalau tidak, rakyat miskin tak terlindungi."

PRIHANDOKO


Topik terhangat:

Gaya Sosialita | Susno Duadji | Ustad Jefry | Caleg | Ujian Nasional

Baca juga
Inilah Dinasti Politik Partai Demokrat
Susno Duadji Buron
Jika Susno Ditetapkan Buron, Kedaluwarsa 18 Tahun
Casillas ke Arsenal Jika Mourinho Masih di Madrid
Kejagung Buru Buronan Susno Duadji


http://www.tempointeraktif.com/hg/politik/2013/04/29/brk,20130429-476601,id.html