Senin, 29 April 2013

Beranda » Kolonel ASB Memakai Sabu Sejak 2004

Kolonel ASB Memakai Sabu Sejak 2004

TEMPO.CO, Jakarta--Polisi Militer TNI Angkatan Laut mengaku belum mendapat informasi lengkap tentang perwira menengah Kolonel ASB yang terjerat kasus penyalahgunaan narkoba jenis sabu. Termasuk sejak kapan Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut Semarang ini menggunakan barang haram.

"Saya belum bisa jawab karena belum diperiksa," kata Kepala Pusat Polisi Militer TNI Angkata Laut, Laksamana Pertama Gunung Heru saat ditemui di kantor Badan Narkotika Nasional, jalan MT Haryono, Senin, 29 April 2013.

Namun Sumber Tempo menyebutkan jika Kolonel ASB sudah kenal sabu cukup lama, sejak tahun 2004. Saat itu Kolonel ASB mencoba sabu dari pemberian seorang teman. Awalnya Kolonel ASB hanya mencoba-coba, sekedar melepas stres. (Edarkan Sabu, Brigadir dan Kolonel Diringkus BNN)

"Sejak itu dia pakai sabu tidak rutin, hanya waktu-waktu tertentu untuk 'refreshing' saja," kata sumber kepada Tempo, Selasa dini hari, 30 April 2013. Inilah Kasus Pertama, Perwira TNI AL Terjerat Narkoba.

Sumber menyebut pria berusia 50 tahun ini mulai rutin mengkonsumsi sabu sejak satu tahun terakhir. Hingga tertangkap tim BNN di sebuah kamar hotel di Semarang. Saat itu Kolonel ASB sedang memakai sabu sendirian di kamar hotel.

Sumber Tempo yang lain menyebut jika perbuatan Kolonel ASB ini sangat disesalkan. Sebab tak lama lagi, Kolonel ASB yang berpangkat Kolonel akan dipromosikan menjadi perwira tinggi berbintang satu, atau Laksamana Muda. (Lihat: Pengedar Sabu itu Ternyata Perwira Berprestasi)

Sebab karier Kolonel ASB termasuk berprestasi. Saat ini dia sudah dua tahun menjabat sebagai Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut Semarang. Sebelumnya dia duduk di jabatan yang sama namun di pangkalan Yogyakarta. Bahkan Sumber Tempo menyebut dia sempat jadi asisten pribadi Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana Marsetyo.

Prestasi mengkilap Kolonel ASB diakui oleh Kepala Dinas Penerangan TNI AL, Laksamana Pertama Untung Suropati. Dia menyebut Kolonel ASB sebagai prajurit yang cerdas dan pemikir. Untung mengakui jabatan Komandan Lantamal dua kali bukan lah mudah.

Untung pun mengaku kecewa dan menyayangkan kasus ini terjadi. Tepatnya menyesalkan tindakan Kolonel ASB yang dekat dengan barang haram. "Dia kan komandan, seharusnya jadi panutan untuk anak buah dan rekan dia," kata Untung kemarin di kantor BNN dalam jumpa pers.

Kemarin malam, Kolonel ASB diringkus tim BNN di Hotel Ciputra, Semarang, Jawa Tengah, tepatnya di kamar 1003. Saat penggerebekan dia ditemukan sedang menggunakan narkoba jenis sabu. Penangkapan ini bermula saat tim BNN menangkap kurir sabu yang kebetulan anggota Direktorat Intelijen Polda Jawa Tengah berinisial Brigadir RS. Dari tangan Kolonel ASB, tim BNN menemukan sabu seberat 1,5 gram. Simak berita perwira 'nyabu' di sini.

INDRA WIJAYA

Topik terhangat:
Susno Duadji | Ustad Jefry | Caleg | Ujian Nasional

Baca juga:
Edsus Sosialita Jakarta
Tim Polisi Pemburu Susno Dipimpin AKBP
Hindari Jaksa, Susno Dikabarkan Gonta-ganti SIM Card
Inilah Dinasti Politik Partai Demokrat
SBY Umumkan Kenaikan Harga BBM


http://www.tempointeraktif.com/hg/hukum/2013/04/30/brk,20130430-476765,id.html