Sabtu, 27 April 2013

Beranda » Ahok: Kami Cari Lurah yang Punya Hati

Ahok: Kami Cari Lurah yang Punya Hati

Seorang Calon Lurah belajar sebelum melakukan test secara online di SMAN 1 Budiutomo, Jakarta (27/04).Uji Kompetensi Lurah ini terdiri dari 1.000 jenis soal uji kompetensi yang diacak melalui komputer. Tempo/Dian Triyuli Handoko

TEMPO.CO, Jakarta-  Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyatakan pelaksanaan seleksi terbuka lurah-camat akan berjalan transparan dan independen. Menurut dia, dengan sistem computer assessment test akan mempersempit ruang kecurangan dan pejabat pesanan. 

"Soal ujiannya bisa diacak-acak dan bervariasi," kata Basuki saat mengunjungi peserta seleksi lurah di SMA 1 Budi Utomo, Jakarta Pusat, Sabtu 27 April 2013. Kendati demikian, Wagub yang akrab disapa Ahok ini menegaskan, pihaknya tidak hanya mencari lurah atau camat yang pintar tapi juga bisa melayani masyarakat. 

Oleh sebab itu, proses seleksi tidak semata-mata hanya mengutamakan ujian kompetensi namun dibarengi dengan psikotes dan wawancara. "Kami juga cari lurah yang punya hati," ucap Ahok. 

Lebih lanjut menanggapi mekanisme seleksi, Ahok merasa senang dengan sistem lelang. Menurut dia, seleksi lelang sebenarnya bukan hal baru karena saat menjabat anggota DPR RI di Komisi Pemerintahan sistem tersebut sudah disiapkan. Namun pada waktu itu, pelaksanaan lelang belum bisa dilakukan karena terkendala moratorium. "Saya senang bisa diterapkan di Jakarta sekarang," kata dia. 

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah DKI Jakarta I Made Karmayoga menuturkan dengan adanya meknisme lelang para peserta dituntut untuk melek teknologi, khususnya keterampilan mengoperasikan komputer. (Baca: Gagal Ujian Lurah Karena Jarang Internet-an). Hal seperti itu sudah merupakan tuntutan di era saat ini. 

Sebagai antisipasi, BKD telah mengkondisikan para peserta dengan memberi waktu untuk mempelajari mekanisme pengisian soal, 30 menit sebelum ujian dimulai. Langkah ini dilakukan karena masih ada peserta yang belum lihai dengan perangkat komputer.

ADITYA BUDIMAN 

Topik Terhangat:
Edsus Sosialita | Ustad Jefry | Caleg | Ujian Nasional | Bom Boston

Baca juga:
Pria Tampan Diusir dari Arab Angkat Bicara
Twit Terakhir, Ustad Uje Baca Doa Mau Tidur
Ini Spesifikasi Motor Gede yang Ditunggangi Uje
Pose 'Ajaib' Para Sosialita di Depan Kamera


http://www.tempointeraktif.com/hg/layanan_publik/2013/04/27/brk,20130427-476311,id.html