Selasa, 30 April 2013

Beranda » Dari Video, Susno Diperkirakan Ada di Vila

Dari Video, Susno Diperkirakan Ada di Vila

TEMPO.CO , Jakarta: Dari video Susno Duadji yang diunggah di Youtube, bisa diperkirakan, tengah berada dimana pensiunan polisi yang saat ini menjadi buron kejaksaan tersebut. Praktisi keamanan internet Nathan Gusti Ryan mengatakan, setiap berkas video menyimpan data waktu pembuatan video, alat perekam, dan resolusi--dirangkum dalam metadata. Sayangnya, informasi seperti ini dihapus Youtube sebelum ditayangkan kepada publik. Satu-satunya cara mendapatkan data ini adalah meminta Youtube agar mengirimkan berkas video asli.

Meski tak mengantongi video asli, Nathan mencoba meraba keberadaan Susno dengan melihat potongan video. Menurut dia, video tampak stabil, mengindikasikan pengambilan gambar dilakukan menggunakan camcorder. Pengambilan video menggunakan kamera ponsel mengakibatkan gambar yang bergoyang

"Camcorder bisa dicantolkan ke tripod sehingga gambar menjadi stabil," kata pria yang tergabung dalam komunitas White Hacker ini.

Suara pada video terdengar jelas dengan sedikit gema, mengindikasikan rekaman dilakukan di dalam ruangan. Nihilnya suara bising kendaraan mengindikasikan ruangan tersebut berada di dalam bangunan yang jauh dari jalan raya. Kicauan burung yang terdengar sepanjang pengambilan video menunjukkan bangunan tersebut berupa vila atau rumah yang berada di dalam kompleks perumahan yang tak banyak dilewati mobil atau motor.

Account "yohana celia" sendiri baru dibuat dan hanya memiliki satu video. Ini menunjukkan pengguna membuka account hanya untuk mengirim video Susno. Youtube merupakan tempat publikasi yang baik karena mudah diakses oleh pengguna internet. Apalagi video yang dikirim memiliki resolusi rendah yaitu 240p atau tiga kali lebih rendah ketimbang video high definition sehingga bisa diputar tanpa tersendat.

ANTON WILLIAM

Topik Terhangat:
Harga BBM | Susno Duadji | Gaya Sosialita | Ustad Jefry | Caleg

Berita Terpopuler:
Pengedar Sabu itu Ternyata Perwira Berprestasi
VIDEO Susno Duadji: Saya Tak Akan Lari
Jaksa Waspadai Pengawalan Bersenjata Susno  
Kolonel ASB Memakai Sabu Sejak 2004  
SBY: Harga BBM Naik kalau Ada Dana Kompensasi


http://www.tempointeraktif.com/hg/hukum/2013/05/01/brk,20130501-477030,id.html