Jumat, 12 April 2013

Beranda » Solar Langka di Jember, Truk dan Bus Antre 24 jam

Solar Langka di Jember, Truk dan Bus Antre 24 jam

TEMPO.CO, Jember - Antrean panjang terlihat di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kabupaten Jember, Sabtu, 13 April 2013 pagi. Pantauan tempo.co, sebagian besar adalah truk, bus, mobil travel dan mobil pribadi yang biasanya menggunakan bahan bakar solar.

Beberapa sopir kendaraan mengatakan, terpaksa menginap semalaman di sekitar SPBU demi untuk mendapatkan tambahan solar untuk melanjutkan perjalannya menuju kota tujuan masing-masing.

Selain di SPBU Wirolegi, kondisi serupa juga terjadi di SPBU Kertosari-Pakusari dan SPBU Silo. Tak pelak, antrean yang meluber di jalan itu pun menimbulkan kemacetan ruas jalan propinsi yang menghubungkan Kabupaten Jember dan Kabupaten Banyuwangi. Apalagi, saat jalan dipenuhi pengemudi motor dan mobil yang hendak berangakat kerja atau sekolah. "Kalau saya sejak pukul setengah tiga (02.30 wib) tadi," ujar Fathur, seorang pengemudi truk gandeng dari Pasuruan yang akan menuju Pulau Bali, saat ditemui di SPBU Wirolegi.

Para pengelola SPBU mengaku tidak bisa berbuat banyak. Jatah atau kuota solar yang biasa mereka terima, dalam sepekan terakhir hanya dikirim tidak lebih separuh kuota. "Disini malahan beberapa kali tidak sampai separuh. Biasanya 24 ribu liter, dikirim 10 ribu,"ujar Romdi, petugas SPBU Silo.

Joniyanto, salah satu petugas di SPBU Kertosari mengatakan, pasokan Solar datang pada pukul 23.00 wib, jumat malam, sudah habis sekitar pukul 06.30 wib tadi. "Pengiriman Solar berikutnya, rencananya siang atao sore ini, kalau tidak molor,"kata dia.

Padahal, kata dia, SPBU itu sudah membatasi pembelian solar maksimal Rp 100 ribu untuk konsumen biasa. Sementara untuk pelanggan yang terikat kontrak mendapat jatah pembelian Rp 150 ribu.

MAHBUB DJUNAIDY

Terpopuler
Lagi, Cuit Anas di Twitter Sentil SBY
Denny Sumargo Menangis di Hadapan DJ Verny 
Begini Cara Wildan Meretas Situs Presiden SBY 
Razia Ngangkang di Aceh, 35 Orang Terjaring 
Menolak Eksekusi, Susno Blak-blakan di YouTube 
LSI: Hanya Ada Tiga Capres Pada Pemilu 2014 
Rizal Ramli Diperiksa KPK Terkait BLBI 
Komnas HAM: Penyerang Cebongan 14 Orang 
Ini Hasil Undian Semifinal Liga Europa  


http://www.tempointeraktif.com/hg/nusa/2013/04/13/brk,20130413-473158,id.html