Jumat, 12 April 2013

Beranda » Komisi Yudisial Akan Seleksi Hakim Militer

Komisi Yudisial Akan Seleksi Hakim Militer

TEMPO.CO, Jakarta -Komisi Yudisial akan mulai menyeleksi calon hakim peradilan militer pada Mei 2013. "Sebelumnya hakim peradilan militer hanya diseleksi oleh militer," kata Wakil Ketua Komisi Yudisial Imam Anshori Saleh kepada Tempo saat dihubungi, Jumat, 12 April 2013.

Hakim peradilan militer, kata Imam, selama ini didominasi tentara. Menurut Imam, biasanya hakim peradilan militer adalah tentara yang melanjutkan pendidikannya ke ranah hukum. "Selama ini belum pernah ada hakim peradilan militer selain tentara," ujar dia.

Imam berharap ke depan bisa ada warga sipil menjadi hakim peradilan militer. "saya pikir, siapapun akan bisa menjadi hakim peradilan militer kalau paham Kitab Undang-Undang Hukum Pidana Militer sekaligus paham struktur etik militernya," ujar dia. "Etika hakim peradilan militer itu berbeda."

Meskipun kode etik hakim itu satu, Imam mengatakan, penerapan etika untuk hakim peradilan militer berbeda. "Bedanya, ada penerapan yang lebih disiplin, ada tanggung jawab atasan dengan anak buah, sangat berbeda dengan etika pada umumnya," ujar dia.

Komisi Yudisal melakukan seleksi calon hakim sejak 2012. Sebelumnya, komisi ini hanya menggelar seleksi untuk calon hakim agung. Imam yakin, keterlibatan lembaganya dalam seleksi calon hakim sejak awal bisa meningkatkan pengawasan kepada hakim.

MUHAMAD RIZKI

Topik Terhangat:
Sprindik KPK | Partai Demokrat | Serangan Penjara Sleman | Harta Djoko Susilo | Nasib Anas

Berita lainnya:
'Sipir LP Cebongan Bisa Jadi Komandan Pasukan...' 
Peretas Situs SBY Disidang Tanpa Pengacara 
Bercerai, Jamal Mirdad-Lidya Kandou Pisah Rumah
Aktris Marshanda Tanya Beban Kerja Jokowi 


http://www.tempointeraktif.com/hg/hukum/2013/04/12/brk,20130412-472995,id.html