Senin, 22 April 2013

Beranda » Hari Bumi Saatnya Mejaga Lingkungan

Hari Bumi Saatnya Mejaga Lingkungan

TEMPO.CO, Jakarta -Suzy Hutomo, CEO The Body Shop Indonesia meyerukan kepedulian terhadap lingkungan. "Ayolah saatnya memulai dengan 3R, reduce, reuse dan recycle," kata dia bersemangat di Jakarta, Ahad, 21 April kemarin.

Suzy menerangkan kemudian. Reduce yang dimaksud adalah mengurangi penggunaan kantong plastik saat berbelanja. Reuse menggunakan kembali kantong plastik yang didapat sebelumnya, kemudian recycle barang-barang bekas.

Tiga tindakan tersebut sangat penting ditekankan sebagai bentuk edukasi dini kepedulian terhadap lingkungan. Apalagi kemarin merupakan Hari Bumi Sedunia. "Supaya sampah plastik tidak banyak. Dan ada kemauan membawa kantong atau tas sendiri di saat berbelanja," ujar dia.

Demi menjaga keberlangsungan lingkungan yang sehat dan aman di bumi, Suzy mengingatkan pentingnya menggunakan kertas untuk pembungkus bolak-balik untuk percetakan atau corat-coret. Sebaiknya apabila desain  ruangan kantor memungkinkan cahaya matahari masuk.

"Ada baiknya tidak menggunakan lampu pada pagi hingga sore hari dengan semena-mena," kata dia yang menantang sikap ini bisa diterapkan meski awalnya pasti sulit. "Apabila dilakukan hal kecil ini, pada akhirnya akan menjadi kebiasaan yang bernilai positif."

Suzy juga mengutip data  dari PT Godang Tua Jaya, perusahaan pengelola tempat pembuangan sampah terpadu Bantar Gebang. Dia mengaku sedih karena berdasarkan data tersebut menyebutkan hingga saat ini jumlah sampah yang dihasilkan di Jakarta setiap hari mencapai enam ribu ton.

"Sangat menyedihkan karena tumpukannya bisa mencapai 30 meter kubik, atau lebih dari setengah ukuran Candi Borobudur," ujarnya prihatin.

HADRIANI P

Topik Hangat:
Ujian Nasional | Bom Boston | Lion Air Jatuh | Serangan Penjara Sleman | Harta Djoko Susilo

Berita Terpopuler:
Kena Gusur, Warga Waduk Pluit Marah pada Jokowi 
Begini Tampang Tersangka Bom Boston sesuai CCTV 
Lion Air Jatuh, Boeing Beri Penghargaan Pilot 


http://www.tempointeraktif.com/hg/keluarga/2013/04/23/brk,20130423-475228,id.html