Rabu, 24 April 2013

Beranda » Terpopuler - Susno Terancam Dicoret dari Daftar Caleg

Terpopuler - Susno Terancam Dicoret dari Daftar Caleg

INILAH.COM, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mencoret nama Susno Duadji sebagai calon anggota legislatif (caleg) dari Partai Bulan Bintang (PBB) apabila nantinya Kejaksaan mengeksekusinya atas kasus dugaan penyuapan yang sudah diputuskan pengadilan.

"Jika ada caleg yang terkena pidana atau dieksekusi maka otomatis calon tersebut tidak memenuhi persayarat," ujar Ketua KPU, Husni Kamil Manik di Jakarta, Rabu (24/4/2013).

Dia mengatakan, penoretan ini tidak berlaku kepada Susno saja, namun kepada semua caleg yang tersangkut kasus pidana atau tindak pidana korupsi yang telah dieksekusi oleh pihak kejaksaan atau kepolisian.

"Sekali lagi, ini sesuai dengan peraturan dan undang-undang soal caleg," jelasnya.

Sebelumnya, Kejaksaan Agung melakukan eksekusi terhadap Susno Duadji atas keputusan pengadilan terkait kasus penyuapan atas terpidana mantan Kabareskrim Mabes Polri. Namun dalam eksekusi itu tim dari Kejaksaan mengalami kesulitan karena pihak Susno tak mau begitu saja mengikuti perintah eksekusi tersebut.

Bahkan saat ini Susno tengah berada di Mapolda Jawa Barat (Jabar) guna meminta perlindungan hukum. Tim kuasa dari Susno sendiri sedang menemui Susno di Mapolda Jabar. Bahkan Ketua Dewan Syuro PBB, Yusril Ihza Mahendra juga hadir disana.[jat]


http://nasional.inilah.com/read/detail/1982055/susno-terancam-dicoret-dari-daftar-caleg