Jumat, 26 April 2013

Beranda » MU Juara, Kagawa Catat Rekor

MU Juara, Kagawa Catat Rekor

TEMPO.CO, Manchester - Pemain gelandang Shinji Kagawa menorehkan catatan manis di musim pertamanya bersama Manchester United. Kagawa menjadi pemain asal Jepang pertama yang sukses meraih trofi Liga Primer Inggris.

Awalnya, kedatangan Kagawa ke Stadion Old Trafford di awal musim ini dinilai sebagai pendongkrak pendapatan klub. Akan tetapi, Kagawa berhasil membantah anggapan tersebut dengan prestasinya.

Pada Selasa, 23 April 2013, Kagawa menobatkan diri sebagai orang Jepang pertama yang menjuarai Liga Inggris, usai membantu MU menaklukkan Aston Villa dengan skor 3-0. Sebagai pemain Jepang pertama di MU, ini adalah musim yang sangat memuaskan bagi Kagawa.

Meski sempat absen selama dua bulan akibat cedera lutut, Kagawa mampu menunjukkan performa impresif di sepanjang musim. Dia sudah membukukan lima gol dan lima assist dalam 24 pertandingan di semua ajang.

Kagawa membukukan hat-trick pertamanya bersama MU ketika mengalahkan Norwich City 4-0, pada 2 Maret 2013. Pemain 24 tahun itu menjadi orang Asia pertama yang membukukan tiga gol dalam satu laga di kancah Liga Primer Inggris.

Lebih hebat lagi, Kagawa sukses menggusur Wayne Rooney dalam beberapa pertandingan terakhir. Setelah sempat ditempatkan di sektor sayap, Kagawa akhirnya menempati posisi favoritnya, yaitu berada di belakang penyerang. Rooney pun harus rela turun sebagai gelandang tengah.

Bagi Kagawa, ini adalah gelar juara liga yang ketiga secara berturut-turut. Pada musim 2010/2011 dan 2011/2012, Kagawa berhasil mengantarkan Borussia Dortmund menjuarai Bundesliga 1. Artinya, Kagawa meraih tiga trofi bergengsi dalam tiga musim bermain di Eropa, sejak diangkut Dortmund dari Cerezo Osaka pada 2010.

Meski begitu, Kagawa bukanlah orang Asia pertama yang meraih trofi Liga Primer. Park Ji Sung telah merebut empat medali juara selama tujuh musim bermain untuk The Red Devils. Sejak datang ke MU, Kagawa berharap bisa menyamai atau bahkan melewati prestasi Park.

MU tentu tak percuma memboyong Kagawa dari Dortmund dengan biaya 17 juta poundsterling (sekitar Rp 251 miliar). Manajer Sir Alex Ferguson sendiri sempat memprediksi kemampuan Kagawa bakal muncul di musim kedua. Namun, kekasih bintang film dewasa Ameri Ichinose itu telah membuktian diri di musim pertamanya.

BERBAGAI SUMBER | ANTONIUS WISHNU

Berita terpopuler:
Casillas Akui Tak Akur dengan Mourinho
Fakta-fakta Menarik Jelang Basel Vs Chelsea
Lawan Arsenal, MU Bakal Rotasi Skuad
Basel Vs Chelsea: Turunkan Skuad Terbaik
Iniesta: Era Kejayaan Barcelona Belum Berakhir


http://www.tempointeraktif.com/hg/sepakbola/2013/04/26/brk,20130426-476158,id.html