Jumat, 12 April 2013

Beranda » Komnas HAM Yakin Kopassus Pakai Granat di Cebongan

Komnas HAM Yakin Kopassus Pakai Granat di Cebongan

TEMPO.CO, Jakarta - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia berkukuh mengemukakan bahwa anggota Kopasus (Komando Pasukan Khusus) yang melakukan penyerangan di Lembaga Pemasyarakatan Cebongan, Sleman, membawa dua granat yang tersimpan di pinggang kiri dan kanan. Selain itu penyerang menggunakan berbagai jenis senjata seperti senjata laras panjang jenis AK 47, senjata laras pendek. Keterangan granat ini berbeda dengan temuan versi Mabes TNI. "Itu temuan Komnas HAM di lapangan," kata Ketua Komnas HAM Siti Noor Laila,  di kantornya, Jumat, 12 April 2013.

Noor Laila mengatakan penyerang juga menggunakan alat komunikasi berupa handy talky, rompi, sarung tangan, dan penutup kepala. Penyerang berjumlah sekurang-kurangnya 14 orang, berdasarkan keterangan saksi dan hasil rekonstruksi di tempat kejadian perkara.

Keterangan berbeda disampaikan Ketua Tim Investigasi TNI Brigadir Jenderal Unggul K. Yudhoyono. Dia  mengatakan penyerang menggunakan enam senjata laras panjang terdiri dari tiga pucuk AK-47, dua pucuk senapan angin replika AK-47, dan sepucuk replika Sig Sauer. Unggul mengatakan, senjata itu dipakai pelaku saat latihan di Gunung Lawu.

Sedangkan temuan Kepolisian, menurut Direktur Reserse Kriminal Umum Polda DIY, Komisaris Besar Kris Erlangga, penyerang diduga menggunakan 13 senjata api laras panjang dan satu senjata api laras pendek.

Pada Sabtu, 23 Maret lalu, 11 anggota Kopassus Grup 2 Kandang Menjangan, Kartasuro, menyerang ke LP Cebongan. Namun dua di antaranya, menurut Tim Investigasi TNI Angkatan Darat, disebut berusaha menghalangi rekannya yang lain. Seorang lagi, berinisial U, dinyatakan sebagai eksekutor.

U disebut menembak mati empat orang tahanan titipan Kepolisian Daerah DIY, yaitu Hendrik Angel Sahetapi alias Deki, 31 tahun, Yohanes Juan Manbait (38), Gameliel Yermianto Rohi Riwu alias Adi (29), dan Adrianus Candra Galaja alias Dedi (33). Keempatnya adalah tersangka pembunuhan anggota Kopassus Sersan Kepala Heru Santoso, di Hugo's Cafe pada di Jalan Adisutjipto Km 8,5 Maguwoharjo, Sleman, pada Selasa, 19 Maret 2013.

 RUSMAN PARAQBUEQ

Berita Terpopuler Lainnya:
Komnas HAM: Penyerang Cebongan 14 Orang  
Razia Ngangkang di Aceh, 35 Orang Terjaring 
Main Twitter, SBY Ketinggalan dari Pemimpin Lain
Buat Akun Twitter, SBY Siap Di-bully  
LSI: Hanya Ada Tiga Capres Pada Pemilu 2014  


http://www.tempointeraktif.com/hg/hukum/2013/04/12/brk,20130412-473020,id.html