Sabtu, 13 April 2013

Beranda » KNKT Belum Temukan Human Error di Musibah Lion Air  

KNKT Belum Temukan Human Error di Musibah Lion Air  

Badan pesawat Lion Air yang jatuh ke laut di ujung landasan Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali, (14/4). Pengangkatan badan pesawat masih menunggu penyelidikan KNKT. REUTERS

TEMPO.CO, Jakarta - Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Masruri, mengatakan timnya belum berkesimpulan bahwa pilot pesawat Lion Air Boeing 737-800 NG merupakan penyebab tergelincirnya pesawat. "Kami belum masuk sampai sedetail itu, kami baru mengumpulkan data-data yang ada di Bali," katanya ketika dihubungi Tempo, Ahad, 14 April 2013.

Menurut dia, tim KNKT kini mengumpulkan data terkait penerbangan dari Lion Air dan ATC. Semua data pun, kata dia, belum terkumpul. Masruri mengatakan KNKT juga belum bisa berkesimpulan bahwa faktor cuaca merupakan penyebab tergelincirnya pesawat. Data mengenai cuaca, kata dia, belum detail dan menyeluruh. Tapi, ia menerima informasi dari beberapa orang bahwa cuaca landasan saat itu cukup terang. (Baca: Lion Air Jatuh, Tidak Ada Masalah pada ATC)

"Dari beberapa orang menyampaikan di landasan terbang cuaca terang, tapi di ujung landasan sampai Kuta memang gelap. Kami masih terus melakukan investigasi yang akan dikembangkan," katanya. Ia menegaskan tidak memasang target kapan investigasi selesai karena tim akan melakukan observasi menyeluruh dan tidak terburu-buru. "Target kami ya secepatnya," katanya.

KNKT mengatakan investigasi kini terkendala masalah cuaca. Menurut Masruri, pesawat hingga kini masih belum bisa digeser dari laut karena ombak yang sangat besar. "Berbahaya jika kami masuk ke sana sekarang," katanya.

Pesawat Lion Air dengan rute penerbangan Bandung-Denpasar mengalami kecelakaan di sisi landasan pacu (runway) Bandara Ngurah Rai, Bali kemarin. Pesawat tersebut mengalami patah di bagian ekor, dan masuk ke air.

Pesawat Boeing 737-800 ini dijadwalkan tiba di Bandara Ngurah Rai pukul 15.16 WITA. Namun pesawat mengalami kecelakaan pada 15.10 WITA. Saat ini, pesawat yang mengalami kecelakaan di ujung runway bandara itu masih menjalani proses evakuasi. Pesawat tersebut mengangkut 172 penumpang.

ANANDA TERESIA


Berita Lainnya:
Ujian Nasional di 11 Provinsi Ditunda
Venna Melinda Blak-blakan Soal Perceraiannya
9 Akun Twitter yang Di-follow SBY
Evakuasi Pesawat Lion Air Tunggu Investigasi KNKT
Dahlan Iskan Cinta-Benci kepada Twitter
Pesan Dahlan Iskan untuk Pejabat Main Twitter


http://www.tempointeraktif.com/hg/politik/2013/04/14/brk,20130414-473286,id.html