Selasa, 23 April 2013

Beranda » Keliling Solo dengan Sepeda Ontel

Keliling Solo dengan Sepeda Ontel

Rabu, 24 April 2013 | 03:43 WIB

TEMPO.CO, Surakarta--Ajang Bengawan Solo Travel Mart (BTM) ke-4 akan diselenggarakan pada 26-29 April 2013. Pada 26 April malam, peserta akan dijamu makan malam di taman Balekambang sambil menyaksikan pentas Sendratari Ramayana. Selain itu, panitia akan mengajak peserta berkeliling kota Solo dengan bersepeda ontel pada 27 April.

Ketua panitia Pri Siswanto mengatakan peserta akan diajak berkeliling dengan rute alun-alun selatan Keraton Kasunanan, mengelilingi keraton, pasar Klewer, kampung batik Kauman, Pura Mangkunegaran, dan berakhir di kawasan Ngarsopuro.

Pada edisi penyelenggaraan sebelumnya, peserta atau calon pembeli biasa diajak berkeliling kota dengan bus tingkat wisata Werkudara dan kereta uap kuno Jaladara.

"Karena itu kali ini kami mengenalkan Solo dengan cara lain, yaitu keliling kota dengan sepeda ontel kuno," ujarnya kepada wartawan, Selasa, 23 April 2013. Dia menilai cara itu akan membuat peserta terkesan.

Setelah paginya bersepeda, pada siang hari peserta diajak berwisata ke Candi Sukuh, Candi Cetho, dan makan siang di hamparan kebun teh Kemuning di Karanganyar. Lantas malam harinya mengikuti jamuan makan malam di Keraton Kasunanan.

"Kami sengaja mengajak calon pembeli keliling Surakarta dan sekitarnya terlebih dahulu. Sehingga ketika pertemuan bisnis sudah punya gambaran dan memperbesar peluang transaksi," katanya. Dia mengundang 66 calon pembeli dan 44 calon penjual produk wisata.

Calon pembeli yang diundang berasal dari Sumatera, Kalimantan, Bali, Lombok, Jawa Barat, Jawa Timur, hingga Malaysia. Sementara calon penjual dari eks-Karesidenan Surakarta, Jawa Timur, dan Jawa Barat.

Dia mengatakan kali ini penyedia produk atau calon penjual didominasi agen wisata. Sehingga kemungkinan besar lebih banyak paket wisata yang ditawarkan ke calon pembeli. Dia menargetkan dalam pertemuan bisnis yang diselenggarakan pada 28 April minimal terjadi 75 transaksi.

Bengawan Solo Travel Mart bertujuan mempertemukan pembeli dan penjual produk wisata seperti paket wisata, paket menginap, hingga paket penyelenggaraan seminar dan rapat. "Tentunya juga menjadi ajang promosi potensi daerah. Apalagi tahun ini bertepatan dengan Visit Jateng Year," ujarnya.

Humas panitia, Retno Wulandari mengatakan calon penjual di Bengawan Solo Travel Mart pasti memberikan harga khusus. Karena itu dia meyakini akan banyak calon pembeli yang tertarik. "Karena ini kesempatan emas mendapatkan harga penawaran terbaik," katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Surakarta Widdi Srihanto mengatakan dengan penyelenggaraan Bengawan Solo Travel Mart, Solo akan semakin dikenal. Dia berharap ajang tersebut mampu menumbuhkan industri pariwisata di Surakarta.

"Bagi pelaku wisata, ini kesempatan untuk mengenalkan potensi wisata di Solo dan membangun jaringan," ujarnya.

UKKY PRIMARTANTYO

Topik Terhangat:
#Ujian Nasional | #Bom Boston | #Lion Air Jatuh | #Preman Yogya


http://www.tempointeraktif.com/hg/travel_event/2013/04/24/brk,20130424-475426,id.html