Kamis, 11 April 2013

Beranda » Gaji Dokter Honorer Jakarta Jadi Rp 4,7 Juta

Gaji Dokter Honorer Jakarta Jadi Rp 4,7 Juta

Seorang dokter memeriksa balita di kawasan Muara Angke Kampung Baru, Pluit, Jakarta, (9/3). Program pengobatan gratis ini diharapkan dapat menekan angka kematian balita di Indonesia. TEMPO/Aditia Noviansyah

TEMPO.CO, Jakarta - Dinas Kesehatan DKI Jakarta akan menaikkan gaji dokter-dokter honorer di Jakarta. Mereka juga akan diberi tunjangan, asuransi kesehatan, dan asuransi pensiun.(baca: Rincian Gaji Dokter Jakarta)

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dien Emmawati mengatakan gaji tersebut dinaikkan agar standar bayaran dokter pegawai negeri sipil dan dokter honorer setingkat. "Melayani pasiennya sama, bisa sampai 100 pasien sehari kalau gajinya cuma Rp 1,8 juta ya cemberut," ujar Dien di Balaikota DKI, Kamis malam, 11 April 2013. Padahal 60 persen dokter di DKI Jakarta merupakan pekerja non pegawai negeri sipil.

Menurut Dien, gaji dokter honorer akan disesuaikan dengan Peraturan Menteri Kesehatan No. 1199 Tahun 2004. "Mereka kan bekerja di bawah Dinas Kesehatan DKI," katanya. Nantinya gaji pokok dokter honorer haruslah 1,8 kali UMP yang kini ditetapkan Rp 2,2 juta. Selain itu ada juga tunjangan yang besarnya seperlima gaji pokok. Masih ada tambahan asuransi kesehatan dan pensiun yang akan dinikmati dokter.

Jika dihitung kasar, gaji dan tunjangannya saja bisa sebesar Rp 4.752.000. Belum ditambah asiransi kesehatan dan pensiun. "Kami sudah ajukan ke pak Wagub dan hasilnya beliau setuju, ini.kan penting untuk peningkatan.kinerja," ujar Dien.

Saat ini gaji yang diterima dokter honorer DKI hanya Rp 1,8 juta. Sama dengan besaran upah minimum provinsi 2012. Mereka juga tak mendapat tunjangan maupun asuransi kesehatan.

Ditemui terpisah, Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, pihaknya setuju dengan kenaikan gaji tersebut. "Pokoknya nanti lebih besar dari gaji sopir Transjakarta," ujar dia.

ANGGRITA DESYANI


Topik Terhangat:
Sprindik KPK | Partai Demokrat | Serangan Penjara Sleman | Harta Djoko Susilo | Nasib Anas

Berita lainnya:
'Sipir LP Cebongan Bisa Jadi Komandan Pasukan...' 
Peretas Situs SBY Disidang Tanpa Pengacara 
Bercerai, Jamal Mirdad-Lidya Kandou Pisah Rumah
Aktris Marshanda Tanya Beban Kerja Jokowi 
Adegan Panas Uli Auliani dengan Aktor Twilight 
Pargono Terus Meneror, Asep Hendro Pasrah 
Akun @IstanaRakyat Di-Bully Tweep
Tabrak Motor, Aktor Richard Kevin Diperiksa Polisi


http://www.tempointeraktif.com/hg/metro_sudut/2013/04/12/brk,20130412-472910,id.html