Minggu, 14 April 2013

Beranda » TNI AU Dilibatkan Percepat Distribusi Soal UN

TNI AU Dilibatkan Percepat Distribusi Soal UN

Seorang pekerja mengangkat kardus berisi soal Ujian Nasional SMA di Universitas Negeri Jakarta (13/4). Soal tersebut akan didistribusikan ke rayon, lalu ke SMA-SMA di Jakarta Timur. TEMPO/Dian Triyuli Handoko

TEMPO.CO, Jakarta -Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meminta bantuan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara untuk mendistribusikan naskah ujian nasional sebelas provinsi yang jadwalnya mundur. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh beralasan pengiriman menggunakan bantuan Angkatan Udara bisa dilaksanakan sewaktu-waktu berbeda dengan penerbangan biasa.

"Sehingga selesai pengepakan bisa langsung dibawa ke Lanud Halim Perdanakusuma," ucap Nuh ketika ditemui di kantornya, Ahad, 14 April 2013. Nuh menjelaskan TNI AU sudah bersedia menyiapkan empat hercules, satu foker dan satu pesawat jenis boeing 737.

Menurut Ketua Badan Standar Badan Nasional Pendidikan Muhammad Aman Wirakartakusuma naskah ujian nasional SMA sudah diterima daerah paling lambat tiga hari sebelumnya. Sedangkan untuk SMP harus sudah dikirim sejak enam hari sebelum ujian berlangsung. Namun, naskah ujian untuk sebelas provinsi ini belum terkirim sampai sekarang.

PT Ghalia Indonesia Printing mengalami kesulitan dalam pendistribusian naskah ujian nasional ke sebelas provinsi. Terlambatnya pengiriman ini menyebabkan pergeseran jadwal ujian nasional dari Senin besok menjadi Kamis, 18 April 2013. Sebelas provinsi itu adalah Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Kebijakan ini berimbas pada 3601 sekolah SMA/MA, 1508 SMK dan 1,1 juta anak.

Sebelumnya, sesuai jadwal Kementerian Pendidikan, Ujian nasional untuk tingkat SMA/MA/SMALB dan Paket C akan berlangsung pada 15-18 April, untuk jenjang SMK 15-17 April. Sedangkan jenjang SMP/MTs/SMLB dan Paket B pada 22-25 April 2013, dan SD/MI dan Paket A pada 6-8 Mei 2013.

SUNDARI


http://www.tempointeraktif.com/hg/politik/2013/04/14/brk,20130414-473310,id.html