Selasa, 23 April 2013

Beranda » Klasemen dan Top Skor Sementara Liga Inggris

Klasemen dan Top Skor Sementara Liga Inggris

TEMPO.CO, Jakarta - Perburuan gelar juara Liga Primer Inggris musim 2012/2013 telah usai. Manchester United memastikan diri sebagai juara di pekan ke-34. Meski begitu, Liga Inggris masih menarik untuk disaksikan hingga akhir musim. Pasalnya, persaingan sengit masih berlangsung bagi tim-tim yang memperebutkan tiket Liga Champions dan beberapa klub yang menghindari jeratan degradasi.

Red Devils keluar sebagai juara Liga Inggris setelah menekuk Aston Villa dengan skor 3-0 di Stadion Old Trafford, Selasa, 23 April 2013, dinihari tadi. MU mengumpulkan 84 poin dari 34 pertandingan. Manchester City dipastikan tidak akan bisa mengejar selisih 16 poin dari MU, meski The Citizens memiliki tabungan satu pertandingan.

Persaingan sengit justru terjadi di perebutan posisi ketiga dan keempat. Tiga klub asal Kota London; Arsenal, Chelsea, dan Tottenham Hotspur, akan bersaing untuk memperebutkan dua tiket tersisa Liga Champions (dua tiket dapat dipastikan menjadi milik MU dan City).

Arsenal saat ini duduk di peringkat ketiga dengan perolehan 63 poin. Chelsea berada di bawah Arsenal dengan 62 poin, diikuti Spurs dengan 61 poin. Akan tetapi, Arsenal bisa saja terlempar dari empat besar karena memainkan satu pertandingan lebih banyak daripada Chelsea dan Spurs.

The Gunners wajib was-was. Artrinya, mereka harus memaksimalkan jadwal pertandingan tersisa. Arsenal akan menjamu MU pada akhir pekan ini. MU dipastikan tak akan tampil terlalu ngotot, pasalnya mereka sudah keluar sebagai juara. Setelah itu, Arsenal menghadapi tim papan bawah Queens Park Rangers dan Wigan Athletic. Newcastle United menjadi lawan terakhir Arsenal.

Sementara itu, Chelsea dan Spurs akan saling berhadapan pada pekan ke-36. Dua lawan berat yang akan dihadapi Chelsea di sisa musim ini adalah MU dan Everton. Spurs sendiri memiliki jadwal yang relatif lebih mudah. Tim asuhan Andre Villas-Boas itu akan menghadapi Wigan, Southampton, Stoke City, dan Sunderland.

Persaingan di papan bawah tak kalah menarik. Hampir lebih dari separuh klub peserta Liga Inggris musim ini masih memiliki kans terdegradasi ke Divisi Championship. Reading dan QPR diprediksi menjadi kandidat kuat klub yang bakal turun kasta. Satu slot tersisa bakal menjadi mimpi buruk delapan tim lainnya. Tidak hanya soal selisih poin, selisih gol juga menjadi penentu nasib mereka.

Di daftar pencetak gol terbanyak, Robin van Persie berhasil melewati Luis Suarez di peringkat pertama. Torehan tiga gol Van Persie ke gawang Villa menambah pundi-pundi golnya di musim ini menjadi 24 buah. Van Persie unggul satu gol dari Suarez. Gareth Bale (18 gol), Michu (17), Demba Ba (15), dan Cristian Benteke (15) melengkapi posisi lima besar.

SOCCERWAY | ANTONIUS WISHNU


http://www.tempointeraktif.com/hg/sepakbola/2013/04/23/brk,20130423-475395,id.html