Selasa, 25 Januari 2011

Beranda » Perbaiki Bentuk Kaki Abnormal dengan Orthotics

Perbaiki Bentuk Kaki Abnormal dengan Orthotics

Orthotick adalah alat bantu untuk memerbaiki kondisi kaki abnormal seperti kaki berbentuk X atau O. Telapak kaki rata juga termasuk bentuk kaki abnormal yang perlu diperbaiki.

Ortotik dianggap menjadi pengobatan yang efektif, konservatif, dan aman untuk beberapa kondisi termasuk tulang tumbuh pada tumit, lutut yang tidak lurus, dan berbagai kelainan bentuk kaki lainnya.

Telapak kaki rata tidak stabil dalam memanfaatkan banyak energi, memiliki kinerja yang buruk dan berhubungan dengan keausan bagian tubuh lain seperti lutut, kaki, dan sendi panggul.

“Ini biasanya terjadi pada usia dini. Bahkan penelitian menunjukkan hal itu dimulai sebelum kelahiran. Riset membuktikan orang-orang dari etnis Asia menunjukkan kecenderungan genetik memiilki telapak kaki rata,” 

Telapak kaki yang rata juga dapat terjadi pada usia dewasa akibat cedera atau stres yang berkepanjangan pada kaki. Telapak kaki rata juga terjadi karena biomekanik atau proses penuaan normal. Semakin bertambahnya usia, lengkungan telapak kaki menjadi lebih rendah karena ligamen yang mendukung tulang pada bagian lekukan telapak kaki melemah. Hal ini tidak mengherankan karena rata-rata seseorang berjalan sekitar 128.000 km selama mengelilingi bumi.

Bagaimana pengobatannya? “Ya, dengan memakai functional orthotics (yang memperbaiki fungsi abnormal tanpa mengganggu fungsi normal). Ini adalah perangkat plastik yang dibuat khusus dipakai di dalam sepatu Anda. Ortotik membuat kaki ke posisi yang benar,”

Pengobatannya dimulai dengan memeriksa pasien secara menyeluruh. Diperlukan waktu sekitar 45 menit untuk melakukan ini dengan benar.

Kemudian, laboratorium menerima gypsum dengan ukuran dari podiatrist. Ada sekitar 65 tahapan dalam pembuatan sebuah ortotik sehingga dapat memakan waktu beberapa hari. Body Clinic memiliki laboratorium sendiri untuk membuat ortotik satu-satunya di Indonesia yang membuat proses menjadi sangat cepat. Selanjutnya pasien dipanggil kembali untuk mencocokkan ortotik.

Ortotik telah membuat perubahan pada gejala kaki datar anak-anak. Itu sebabnya, ortotik yang dibuat khusus sangat penting untuk anak-anak agar mencapai hasil terbaik.

“Sol sepatu yang fleksibel memang berguna tetapi itu lebih cocok untuk menghilangkan rasa sakit pada pasien arthritis atau diabetes. Ortotik semacam ini memiliki sedikit manfaat, jika ada, ketika digunakan untuk mengobati anak dalam masa pertumbuhan,”

Menurut dr Peter, efek samping biasanya bersifat positif seperti hilangnya rasa sakit pada lutut. Namun, jika dokter membuat ukuran ortotik yang salah atau sudut yang tidak benar, dapat menyebabkan rasa sakit. Kalau sudah begitu, mesti ada pemeriksaan kembali.

www.orde-baru.blogspot.com