Kamis, 20 Januari 2011

Beranda » Mata Indah & Sehat Dihari Tua

Mata Indah & Sehat Dihari Tua

Mata menjadi jendela manusia untuk melihat dunia. Kesehatan mata terkait erat dengan kondisi tubuh secara keseluruhan, juga sebaliknya. Pola hidup sehat turunkan risiko gangguan mata.

Orang yang menjalani kehidupan sehat secara keseluruhan olahraga, pola makan sehat, dan tidak merokok secara signifikan berisiko lebih rendah terhadap degenerasi makula terkait usia (age-related macular degeneration/AMD). Demikian menurut temuan penelitian baru, seperti dikutip dari Health24, Senin (20/12/2010).


Menjaga pola makan (diet) dan olahraga masing-masing mampu mengurangi risiko. Jika keduanya dikombinasikan plus tidak merokok, penurunan risikonya sangat tajam, yakni lebih dari 70 persen.

"Kita tidak perlu menjadi korban pasif dari kerusakan akibat usia tua. Hal-hal yang relatif sederhana bisa membuat perbedaan terhadap risiko AMD di usia tua kita nanti,"

Penelitian

Dalam penelitiannya, Dr Mares dan rekan-rekannya meninjau informasi tentang diet, olahraga, dan merokok dari 1.313 wanita antara usia 55-74 tahun yang dikumpulkan selama tahun 1990-an. Pola hidup partisipan ditinjau kembali rata-rata enam tahun kemudian, saat melakukan pemeriksaan mata untuk memeriksa AMD.

Hasilnya, 202 wanita mengalami AMD, sebagian besar pada tahap awal. Di antara wanita yang berpola diet sehat, 11 persen memiliki bentuk awal AMD, dibandingkan dengan 19 wanita dengan diet terburuk. Hasil penelitian ini sendiri telah dipublikasikan di Archives of Ophthalmology.

Statistik

Sekira satu dari 10 wanita yang berolahraga mengembangkan AMD, dibandingkan dengan satu dari lima wanita yang tidak berolahraga. Ketika para peneliti menggabungkan dengan pengaruh diet, olahraga, dan tidak merokok, risiko AMD mengalami penurunan lebih jauh. Tapi, berhenti merokok saja tidak cukup untuk mencegah AMD.

Terdapat kaitan antioksidan dengan risiko AMD. Peneliti mencatat, wanita dengan tingkat antioksidan lebih tinggi memiliki risiko lebih rendah terhadap AMD, tetapi tidak serendah wanita yang menerapkan pola hidup sehat secara keseluruhan.

"Temuan untuk diet yang sehat secara keseluruhan lebih kuat daripada nutrisi tunggal (antioksidan),"

Dan ketika rutin olahraga, bahkan jika hanya 10 jam tiap pekan untuk latihan ringan—termasuk pekerjaan rumah tangga, berkebun, atau berjalan—atau 8 jam olahraga tiap pekan untuk latihan moderat, risiko AMD akan sangat rendah.

“Diet dan olahraga menurunkan tekanan darah, yang dapat melindungi mata dari degenerasi. Diet dan olahraga juga mengurangi radikal bebas yang berhubungan dengan tingkat peradangan lebih rendah, yakni efek yang secara langsung melindungi mata dari AMD. Atau, membantu meningkatkan akumulasi pigmen di belakang mata, berfungsi menyerap cahaya yang berpotensi merusak,“

Sama hasil pada pria dan wanita

Meskipun studi hanya meliputi wanita, Dr Mares mengatakan bahwa kecenderungan yang sama juga mungkin terjadi pada pria.

"Tidak ada alasan saya mengatakan hasil berbeda pada pria atau wanita. Namun, temuan ini perlu dikonfirmasi dalam sampel terpisah yang mencakup pria," 

www.orde-baru.blogspot.com