Kamis, 20 Januari 2011

Beranda » Bumbu Pedas Juga Berkhasiat Menyehatkan Tubuh

Bumbu Pedas Juga Berkhasiat Menyehatkan Tubuh

Ilmu pengetahuan modern mulai mengungkap keampuhan rempah-rempah dan jamu sebagai senjata melawan penyakit, mulai dari kanker hingga penyakit alzheimer. Bumbu pedas untuk makanan juga punya khasiat tak kalah besar.

"Kami sekarang mulai melihat dasar ilmiah mengapa orang menggunakan rempah-rempah sebagai pengobatan selama ribuan tahun,"

Aggarwal mencatat bahwa saat masyarakat India memanfaatkan rempah-rempah untuk pengobatan, angka kejadian penyakit yang berhubungan dengan diet seperti penyakit jantung dan kanker sejak lama menurun. Namun, ketika masyarakat mulai mengadopsi pola makan kebarat-baratan, kasus penyakit demikian meningkat. Banyak peneliti menyalahkan pola makan barat yang penuh lemak sebagai penyebabnya.

Di sisi lain, Aggarwal dan para ahli lainnya percaya bahwa bumbu dan rempah-rempah juga menjadi bagian penting dari pola makan.

“Ketika orang India mengonsumsi makanan kebarat-baratan, mereka mendapatkan rempah-rempah jauh lebih sedikit daripada pola makan tradisional. Mereka kehilangan perlindungan yang diberikan oleh rempah-rempah,"
Para ilmuwan Barat memang belum sepenuhnya menunjukkan bahwa rempah-rempah dan herbal ampuh menyembuhkan penyakit. Padahal, banyak bukti kuat beberapa jenis rempah-rempah dan herbal dapat membantu mengatasi beberapa kondisi kronis.

Namun setidaknya, menambahkan rempah-rempah dalam masakan memungkinkan Anda untuk menggunakan lebih sedikit bahan-bahan lain, seperti garam, gula, dan sumber lemak jenuh. Semuanya jelas terkait dengan masalah kesehatan.

Berikut, enam rempah-rempah dan bumbu berasa pedas yang bisa menyehatkan tubuh, seperti dikutip dari Eatingwell.

1. Kunyit

2. Cabe merah

3. Sage

4. Rosemary

5. Jahe

6. Kayu manis

www.orde-baru.blogspot.com