Jumat, 31 Desember 2010

Beranda » Tips Memilih & Memilah Warna Untuk Cat Rumah

Tips Memilih & Memilah Warna Untuk Cat Rumah

Memiliki rumah dengan warna-warna sesuai kepribadian Anda, merupakan kebanggaan tersendiri. Karena itu, jangan pernah menganggap remeh warna cat rumah Anda.

Pasalnya, warna rumah tidak hanya dapat menghadirkan keindahan pada rumah Anda, tapi juga mampu memberi pengaruh kepada mood atau suasana hati penghuninya. Bahkan lebih ekstrim lagi, warna rumah memiliki efek psikologis yang turut berperan dalam memengaruhi pikiran, emosi, tubuh, dan keseimbangan.

Begitu pentingnya perkara warna rumah ini, sampai seorang master dari Feng Shui School Indonesia mengatakan, warna merupakan elemen yang menentukan berkualitas atau tidaknya hidup seseorang.

Tengoklah, saat Anda berada di antara warna-warna cerah dan berkilau, suasana muram akan lenyap. Anda pun akan jadi lebih semangat. Sebaliknya warna-warna kelam dan suram, akan menghadirkan kemurungan, membuat semangat menguap. Namun, bukan berarti warna-warna seperti hitam, biru tua, merah tua, dan warna gelap lainnya harus disingkirkan jauh-jauh. Setiap warna memiliki sifat dan tempatnya masing-masing.

Tinggal bagaimana kita memadu padankannya secara kreatif sehingga menghasilkan harmoni. Ingat, warna rumah merupakan cerminan pribadi penghuninya. Maka, pilihlah warna-warna yang tepat untuk mengekspresikan pribadi Anda. Mungkin ini yang tidak mudah.

Tak heran bila kebanyakan orang, guna menghindari kesalahan dalam memadu-padankan warna, mereka kemudian menggunakan warnawarna netral seperti putih, krem, atau abu-abu untuk mengecat rumahnya.

Padahal cara seperti ini hasilnya tidak mengekspresikan diri penghuninya secara tepat. Memilih warna untuk rumah Anda sepintas mudah. Kenyataannya tidak demikian, mengingat dibutuhkan pengetahuan tentang makna dari warna-warna.

Mari kita mulai mempelajari makna dan manfaat warna dari warna yang sering banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, yakni merah. Warna merah acapkali diidentikan dengan sifat pemberani. Warna merah juga menggambarkan energi penuh, aktif, hangat dan bersemangat.

Namun warna merah secara berlebihan dipercaya memberikan kesan kemarahan dan ambisi. Warna ini sebaiknya dihindari untuk ruangan-ruangan untuk bersantai. Manfaat warna merah adalah menguatkan rasa percaya diri.

Warna kuning, ini warna yang mengingatkan pada sinar matahari yang memberikan energi yang baik dan semangat. Sering menjadi simbol bagi warna emas yang menggambarkan kemakmuran, kemewahan, serta masa depan yang cerah.

Jika diaplikasikan di ruang kerja, warna kuning dapat memancarkan semangat berkompetisi. Warna Biru, ini merupakan warna laut dan langit yang mengesankan ketenangan, kesunyian, kedamaian, kenyamanan, keluasan, dan perlindungan. Warna biru mempunyai efek memberi kesan lega dan luas. Kamar tidur, ruang untuk bersantai, tepat jika menggunakan warna biru terang.

Warna oranye, warna ini kerap diidentikan dengan usia muda dan kesegaran. Itu sebabnya orang menyebut warna oranye sebagai simbol keceriaan, kehangatan, kebahagiaan, penuh energi dan membangkitkan semangat. Anda dapat menggunakan warna ini untuk melapisi dinding maupun plafon di ruang makan. Warna oranye diyakini mampu meningkatkan gairah makan Anda. Warna hijau, ini merupakan warna alam.

Maklum, hampir seluruh dedaunan berbagai jenis tumbuhan dilekati warna hijau. Tidak heran warna ini kerap menjadi simbol kesuburan, kemakmuran. Selain itu warna hijau membangkitkan suasana harmonis, teduh, santai, alami, menyejukkan, menyegarkan, dan menenangkan. Ruang tidur cocok bila menggunakan warna ini.

Warna cokelat, ini juga warna yang diidentikkan sebagai warna alam yang memberi kesan hangat, nyaman, alami, akrab dan ketenangan.

Dapat digunakan untuk ruang tamu atau ruang keluarga. Coklat juga dapat digunakan pada ruangan yang terlalu besar agar tidak menimbulkan kesan dingin. Warna putih, ini merupakan warna netral. Pasalnya, cocok diaplikasikan atau disandingkan dengan warna apapun.

Warna putih umumnya menggambarkan kebersihan, kepolosan, dan kemurnian, ketulusan. Penggunaanya pada ruangan akan memberikan kesan lebih luas dan lapang. Bila berlebihan akan membangkitkan kesan steril dan dingin.

Kalau Anda memiliki dapur modern, warna ini cocok untuk menunjukkan kebersihan dapur. Warna abu-abu, ini merupakan warna remang-remang hasil perpaduan hitam dan putih. Warna ini dianjurkan banyak desain interior digunakan untuk rumah bergaya minimalis.

Warna abu-abu dipercaya menciptakan suasana mood stabil, keleluasaan, dan menentramkan. Terlalu banyak menggunakan warna ini akan membuat suasana dingin, lengang, kesepian, dan kelapangan secara berlebihan.

Sedangkan warna hitam, memberi kesan penuh perlindungan, gagah, megah, penuh fitalitas dan kekuatan. Selain itu hitam kerap mengesankan eleganitas, ketabahan. Makna-makna yang dikandung setiap warna hampir semuanya positif.

Jadi, sekali lagi, tinggal kepintaran kita memadu-padankan serta meletakkan warna di tempatnya yang tepat. Sebab, jika menempati tempat yang keliru warna yang memiliki makna positif pun bisa berganti sangat mengganggu harmoni yang ingin dicapai.

www.orde-baru.blogspot.com