Rabu, 17 April 2013

Beranda » Ratusan Truk Ekspedisi Antre Solar

Ratusan Truk Ekspedisi Antre Solar

TEMPO.CO, Lampung - Ratusan truk ekspedisi yang hendak menuju Pulau Jawa terjebak antrean panjang di setiap Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang ada di sepanjang Jalan Lintas Sumatera, Kamis 18 April 2013. Sebagian kendaraan bahkan sudah menginap untuk mendapat jatah pasokan. "Solar sepertinya menghilang sejak pintu gerbang Lampung hingga menuju Pelabuhan Bakauheni," kata Muhammad Irfan, salah seorang sopir, Kamis 18 April 2013.

Seluruh SPBU di sepanjang ruas Bandar Lampug-Pelabuhan Bakauheni sejak kemarin sudah memasang papan pengumuman yang bertuliskan "Sedang Menunggu Pasokan Solar". Para sopir truk ekspedisi mengaku sudah kesulitan mendapatkan solar sejak masuk Propinsi Lampung. "Kalau beli di eceran bisa menguras jatah uang saku kami karena harganya bisa dua kali lipat dibanding di SPBU," katanya.

Kondisi itu membuat sebagian para sopir memilih memarkir kendaraan di SPBU hingga ke Jalan Lintas Sumatera. Mereka tidak ingin kehabisan bahan bakar di tengah perjalanan. "Itu karena pasokan solar sulit ditebak kapan datang. Bahkan pengelola SPBU saja tidak tahu," katanya.

Gubernur Lampung Sjachroedin Zainal Abidin Pagaralam pihaknya akan menelusuri penyebab para sopir kesulitan mendapatkan solar. Pemerntah Propinsi Lampung, kata dia, sudah berusaha agar Pemerintah Pusat menambah kuota pasokan solar untuk Lampung. "Asumsinya, adanya kebiasaan para sopir truk yang memilih mengisi bahan bakar di wilayah Lampung sebelum menyeberang ke Pulau Jawa. Itu semestinya jadi pertibangan," katanya.

Saat ini Propinsi Lampung mendapat jatah solar untuk tahun 2013 sebanyak 559.081,646 kilo liter. Jumlah itu di bawah usulan pemerintah Lampung sebanya 616.027,7 kilo liter solar. "Jika menurut perhitungan semestinya tidak ada masalah. Jalur distribusimesti diawasi agar solar bersubsidi untuk angkutan tidak nyasar ke sektor industri dan pertambangan," katanya.

NUROCHMAN ARRAZIE

Topik Terhangat:
Lion Air Jatuh | Serangan Penjara Sleman| Harta Djoko Susilo | Nasib Anas

Baca juga:
EDISI KHUSUS Tipu-Tipu Jagad Maya
Sunah Rasul Hakim Setyabudi dan Gratifikasi Seks
Sopir Hakim Setyabudi Tak Tahu Suap Seks Bosnya
@SBYudhoyono Follow Artis-artis Ini


http://www.tempointeraktif.com/hg/nusa/2013/04/18/brk,20130418-474182,id.html