Minggu, 14 April 2013

Beranda » Raksasa Muncul di Festival Layang-Layang Prancis

Raksasa Muncul di Festival Layang-Layang Prancis

Senin, 15 April 2013 | 04:43 WIB

TEMPO.CO , Jakarta: Layang-layang bukanlah mainan baru bagi masyarakat Indonesia. Tapi kebanyakan orang hanya pernah bermain layangan yang terbuat dari kertas, berbentuk jajaran genjang itu. Bila datang ke International Kite Festival, di Prancis, Anda bakal melihat ratusan layang-layang raksasa dengan pelbagai bentuk dan warna. Ada ikan, ubur-ubur, pinguin, tokoh kartun Winnie the Pooh, panda, serta cicak.

Lebih unik, layangan ini tak berupa dua dimensi, melainkan tiga dimensi, ada panjang, lebar, dan tinggi. "Bentuknya mirip dengan makhluk aslinya, hanya saja lebih besar, seperti raksasa" tulis Mal Online, Ahad, 13 April 2013. "Tinggi layang-layang panda sekitar tiga meter, sedangkan yang berbentuk paus panjangnya sampai enam meter."

Layang-layang ini pun tak terbuat dari kertas yang mudah robek. Tapi terjahit rapi menggunakan kain parasut. Sehingga dari kejauhan, mirip balon yang tengah melayang. "Satu layang-layang bisa diikat puluhan tali."

Fesival yang didatangi lebih dari 600 ribu orang ini diadakan di Pantai Berck-Sur-Mer, Pas de Calais. Dan lebih dari 25 tahun, pekan layang-layang ini diadakan pada bulan April. "Ada layng-layang tradisional, layangan dengan pilot, serta layang-layang statis."

Layangan ini pun saling berakrobat, satu sama lainnya. Sedangkan tim menampilkan koreografi selama festival. Ada beruang ungu muda yang lengannya bermanuver memegang gurita, atau cicak ekor panjang yang berdesakan dengan sekelompok ubur-ubur di udara. "Semua orang mengharapkan sesuatu yang tak terduga di festival ini."

Di tahun ini, sebagai tuan rumah, Prancis menghadapi persaingan kuat dari Inggris, Jepang, serta Amerika. Dan jika Anda ingin menyaksikan International Kite Festival, masih ada waktu hingga 21 April.

MAIL ONLINE | CORNILA

Topik Terhangat TEMPO:Sprindik KPK || Serangan Penjara Sleman || Harta Djoko Susilo || Nasib Anas

Travel Lain Tempo
Lion Air Mendarat di Laut Bali, Dewi Terlempar  
Menu yang Menggoda di Sinou Coffee Hausen
Menjelajah Kemolekan Pahawang


http://www.tempointeraktif.com/hg/travel_berita/2013/04/15/brk,20130415-473366,id.html