Minggu, 14 April 2013

Beranda » Lukisan Terakhir Margaret Tatcher

Lukisan Terakhir Margaret Tatcher

TEMPO.CO , London:Selama ini, mantan Perdana Menteri Inggris, Margaret Thatcher kerap muncul dalam foto atau lukisan dengan wajah tegas. Mata birunya memancarkan kekuasaan. Tapi kini muncul sosok Thatcher yang berbeda, dalam lukisan Richard Stone.

Pada goresan cat air itu, Thatcher terlukis tengah duduk santai di taman rumah pensiunan Chelsea Pensioners' Home, di London. Berlatar belakang hijau pohon dan warna-warni bunga, Thatcher terlihat tengah serius membaca. Tubuhnya berbalut blus serta sweater merah muda, serta roko lipat abu-abu. Pada sisi bangku santai, Thatcher meletakan tas tangannya.

"Thatcher duduk selonjoran, dan punggngnya bersandar pada bantal cokelat," tulis Mail Online, Ahad, 14 April 2013.

Dalam gambaran Stone, Thatcher terlihat santai. Seperti yang dilakukan kebanyakan pensiunan. Tampilan yang sungguh berbeda dengan ikon Wanita Besi atau Iron Lady, yang selama ini melekat pada Thatcher. "Ini adalah lukisan Lady Thatcher keenam, yang dibuat Richard Stone. Judulnya Retirement."

Stone sendiri merupakan putra seorang tukang pos. Ia telah menjadi teman dekat Thatcher selama lebih dari satu dekade. Sebelumnya, Stone terkenal dengan sebuah lukisan berjudul The Queen and Nelson Mandela.

Ide awal pembuatan lukisan Retirement berasal dari Stone. Kata Stone, selama ini ia kerap melihat sisi lembut dari Iron Lady. "Dan saya terpikir untuk membuat lukisan yang santai, di bawah matahari dan dikelilingi bunga," ujar Stone.

Lima lukisan Thatcher, karya Stone lainnya, telah berharga lebih dari 300 ribu poundsterling, setara Rp 4,9 miliar. Sedangkan Retirement akan dilelang untuk mengumpulkan dana bagi badan amal non-politik milik Thatcher.

MAIL ONLINE | CORNILA

Topik Terhangat TEMPO:Sprindik KPK || Serangan Penjara Sleman || Harta Djoko Susilo || Nasib Anas

Berita Terhangat
Mahfud MD Masuk Bursa Calon Kapolri
Dikuntit Intel, Anas Urbaningrum Punya Cerita
Mega Merasa Gerak-geriknya Diawasi Penguasa 
@SBYudhoyono 'Digoda' Bintang Porno  


http://www.tempointeraktif.com/hg/eropa/2013/04/15/brk,20130415-473361,id.html