Kamis, 18 April 2013

Beranda » Hujan Semalam, Ratusan Rumah di Jember Kebanjiran

Hujan Semalam, Ratusan Rumah di Jember Kebanjiran

Seorang warga melintas di Jalan yang tergenang banjir, di Pamekasan, Jatim, Jumat (19/4). ANTARA/Saiful Bahri

TEMPO.CO, Jember-Hujan deras yang turun Kamis, 17 April 2013 sore hingga malam, menyebabkan ratusan rumah di Kecamatan Kencong dan Kecamatan Semboro Kabupaten Jember terendam air. Aliran air dari kawasan lereng Pegunungan Hyang Argopuro menyebabkan sekitar 100 meter tangkis sungai Poreng di kelurahan Gebang, Kecamatan Patrang ambrol.

Menurut Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember Heru Widagdo, banjir itu disebabkan luapan Sungai Tanggul.  "Curah hujan yang tinggi di hulu sungai, membuat daerah hilir terendam sampai pagi ini," kata Heru, Jum'at, 19 April 2013. Sungai Tanggul merupakan hilir Daerah Aliran Sungai (DAS) sungai Bondoyudo yang dari kawasan lereng Pegunungan Hyang Argopuro di atas wilayah Kecamatan Tanggul.

Saat ini, tercatat sedikitnya 261 rumah di Kecamatan Kencong, dan 203 rumah di Kecamatan Semboro tergenang air setinggi 40 hingga 60 sentimeter. "Kami masih terus mendata desa dan kecamatan lain yang terletak di sekitar aliran sungai."

Tim BPBD mendirikan posko darurat di Kecamatan Kencong sejak tadi malam. Bersama warga, tim mengevakuasi penduduk dan membagikan makanan

Abdullah, penduduk Desa Kraton Kecamatan Kencong mengatakan, air sungai meluap sejak sekitar pukul 20.00.  Semakin malam, air semakin tinggi menggenangi rumah warga. "Hujannya makin deras."

Pagi ini, ratusan warga desa mulai bekerja sama mengalirkan air yang masih menggenang dan membersihkan rumah mereka. Tapi mereka masih khawatir karena cuaca mendung dan berpotensi mendatangkan banjir susulan. "Kalau di hulu sana hujan deras lagi, di sini pasti kena lagi," kata Rusmanto, seorang warga desa.

MAHBUB DJUNAIDY

Topik Terhangat:
Ujian Nasional | Bom Boston | Lion Air Jatuh | Kasus Cebongan

Baca juga:
EDISI KHUSUS Tipu-Tipu Jagad Maya
FBI Tangkap Pengirim Surat Beracun ke Obama
Kena Gusur, Warga Waduk Pluit Marah pada Jokowi
Penertiban Pasar Minggu Ricuh, 1 Orang Tewas


http://www.tempointeraktif.com/hg/nusa/2013/04/19/brk,20130419-474458,id.html