Kamis, 18 April 2013

Beranda » Benarkah Bra Bikin Payudara Kendor?

Benarkah Bra Bikin Payudara Kendor?

TEMPO.CO, Besacon-- Selama bertahun-tahun, wanita disarankan untuk mengenakan bra demi menjaga agar bentuk payudara mereka indah, menghindari nyeri punggung dan memperbaiki postur tubuh. Namun ternyata, saran tersebut keliru. Setidaknya, menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Jean-Denis Roullion, sport medicine speacialist, dari Centre Hospitalier Universitaire di Besacon, Prancis.

"Secara medis, psikologis, anatomis pada payudara tidak ada manfaatnya melawan gravitasi," ujar Rouillion seperti dikutip The Local edisi Prancis. "Sebaliknya payudara semakin kendor akibat bra."

Sejak 1997, Rouillion sudah melakukan penelitian mengenai payudara atas 33 relawan berusia 18 tahun hingga 35 tahun menggunakan penggalir melengkung dan alat lain untuk mengukur perubahan posisi payudara dengan semakin bertambahnya usia wanita, demikian diungkapkan CBSNews.com

Risetnya itu menunjukkan bahwa wanita bisa mengalami sekitar seperempat inci kenaikan pada putting setiap tahun ketika mereka tidak mengenakan bra, kata laporan dari situs Counsel & Heal seperti dikutip situs LiveScience edisi 11 April 2013.

Para ilmuwan yang terlibat dalam riset ini mengungkapkan bahwa bra yang disebut Rouillon sebagai "kesalahan yang tidak perlu" mencegah pertumbuhan jaringan payudara sekaligus menyebabkan payudara kendur lebih cepat.

Penelitian lainnya menjawab persepsi konvensional bahwa menyusui menyebabkan payudara kendur. Sebuah riset pada 2007 yang dilakukan pada 132 wanita mengungkapkan bahwa menyusui tidak mempengaruhi bentuk payudara atau menyebabkan payudara cepat kendur. Yang mempengaruhi kendurnya payudara, kata para ilmuwan, adalah usia, kebiasaan merokok dan jumlah kehamilan seorang wanita.

Karena penelitian Rouillon berfokus pada wanita muda, ia mengatakan bahwa hasil penelitian ini tidak bisa digeneralisir untuk semua wanita. "Sangat berbahaya untuk menyarankan semua wanita untuk berhenti mengenakan bra karena wanita yang terlibat dalam riset ini tidak melibatkan perwakilan populasi," kata dia seperti dikutip situs Prancis, The Connexion.

"Tidak ada manfaat bagia ibu berusia 45 tahun," kata Rouillon. Salah satu partisipan dalam studi ini mendewakan tanpa bra. "Ada banyak manfaat, saya bisa bernapas lebih mudah, membawa diri saya lebih baik dan mengurangi nyeri punggung," kata dia.

LIVESCIENCE I ARBA'IYAH SATRIANI

Topik Terhangat:
EDSUS Tipu-Tipu Jagad Maya
|
Ujian Nasional | Bom Boston | Lion Air Jatuh | Cebongan

Baca juga:
Stres Bisa Meningkatkan Memori Otak
Gaya Mini di Ajang MTV Movie Award 2013 
Diet Aman, Turun 2 Kilogram Sepekan
Tak Apa Minum Sedikit Alkohol Selama Hamil


http://www.tempointeraktif.com/hg/kesehatan/2013/04/19/brk,20130419-474390,id.html