Sabtu, 22 Januari 2011

Beranda » Usir Rasa Stres dengan 10 Cara Ini

Usir Rasa Stres dengan 10 Cara Ini

Ancaman stres selalu mengintai Anda dimanapun dan kapanpun. Penyebabnya bisa dikarenakan faktor psikis dan juga fisik.

Stres bagi kebanyakan orang seperti sebuah momok yang menghantui kehidupan. Kehadirannya kerap tak diundang dan bisa menyerang kapan saja. Faktor gaya hidup dan juga rutinitas yang membelenggu keseharian kerap melahirkan stres tanpa kita duga. Jika sudah terlanjur terserang stres, ini dia cara untuk mengusirnya, seperti dilansir Idiva.

Ubah suasana

Ketika stres merasuk pikiran Anda, tempatkan diri Anda dalam lingkungan yang berbeda selama lima sampai 10 menit. Jika Anda terbiasa membaca atau mengetik di atas meja, sesekali pindahlah ke bangku luar. Pengaturan suasana baru dapat membangkitkan indera Anda dan mengusir stres Anda karena rangsangan baru yang Anda hadirkan.

Mulai olahraga

Mulailah latihan fisik dengan gerakan ringan seperti meloncat-loncat atau mengibaskan tangan untuk membuat rileks tubuh. Aktivitas fisik dapat memberikan kesegaran dan mencegah Anda dari energi negatif. Bernafaslah perlahan dan mendalam guna mencegah datangnya stres yang luar biasa.

Menuliskannya

Mulailah menulis jurnal yang menuangkan beberapa pikiran yang mengganggu Anda. Kemudian tuliskan pula tindakan yang dapat membantu Anda mengatasi beban masalah tersebut. Cara ini sangat efektif mengusir stres yang menyerang secara tiba-tiba.

Pelihara rasa humor

Tertawalah setidaknya sekali sehari, bahkan kalau bisa sesering yang Anda bisa. Studi menunjukkan bahwa penderita sakit kronis pun dapat terminimalisir penyakitnya dengan tertawa beberapa kali dalam sehari.

Jalan-jalan

Berjalan-jalan walau hanya lima menit akan membuat pembaruan pada pikiran Anda serta menjadikan pernafasan Anda lebih berirama. Tak hanya itu, pikiran Anda pun jadi terasa lebih jernih. Agar lebih maksimal, ayunkan lengan Anda bolak balik dan tarik nafas panjang untuk meningkatkan energi. Ini adalah salah satu latihan untuk mencegah stres.

Hentikan semua kegiatan

Bila Anda mulai merasa stres, hentikan apa yang Anda lakukan dan habiskan waktu beberapa menit untuk bernafas dalam-dalam.

Katakan tidak untuk apa aktifitas yang tidak penting

Turunkan tuntutan Anda dan menempatkan diri sendiri pada pelataran kenyamanan guna mengurangi stres. Jangan menerima semua tawaran kegiatan yang memang tidak diperlukan dan Anda pun tak memiliki cukup waktu untuk melakukannya.

Jaga beban tugas di pagi hari

Biasanya di pagi hari ketika Anda masih segar, ini adalah waktu terbaik untuk melakukan proyek-proyek yang membutuhkan konsentrasi penuh. Jadi, lihatlah proyek besar yang sedang Anda jalani dan lakukan serangkaian langkah untuk menyelesaikan tugas satu per satu.

Sisakan tiga jam setiap pekan untuk Anda sendiri

Jangan biarkan orang lain mencuri waktu dan privasi Anda. Gunakan sisa waktu tersebut untuk menjalankan hobi Anda, misalnya dengan membaca sebuah buku yang Anda inginkan dan tak sempat Anda baca selama ini.

Hiduplah untuk hari ini

Jangan hidup untuk masa lalu dan justru mengkhawatirkan tentang masa depan. Nikmatilah hidup yang sedang terlewati saat ini dengan sebaik-baiknya. Ini adalah resep jitu terhindar dari stres yang akut.

www.orde-baru.blogspot.com