Senin, 10 Januari 2011

Beranda » Tingkatkan Rasa Percaya Diri dengan 'Green Exercise'

Tingkatkan Rasa Percaya Diri dengan 'Green Exercise'

Ingin tubuh dan pikiran sehat? Luangkan waktu Anda untuk berolahraga di area hijau, selama lima menit. Menurut penelitian, aktivitas yang dikenal dengan nama 'green exercise' ini bisa meningkatkan mood dan kepercayaan diri. Seperti apa 'green exercise' dan bagaimana cara menjalankannya?

Dikutip dari Times of India, 'green exercise' merupakan olahraga atau aktivitas fisik yang dilakukan di alam terbuka. Tim peneliti Jules Pretty dan Jo Barton menjelaskan lebih lanjut, aktivitas yang dilakukan di area hijau bisa mengurangi risiko penyakit mental dan meningkatkan kesehatan tubuh.

"Untuk pertama kalinya dalam literatur ilmu pengetahuan, kami berhasil menunjukkan efek-efek positif dari alam pada kondisi kesehatan mental manusia,"

Dari hasil analisa terhadap 1.252 orang (dari usia, gender dan kesehatan mental berbeda) yang menjalani sepuluh tes di Inggris, ditemukan bahwa aktivitas di alam terbuka berpengaruh terhadap kemajuan fisik maupun mental partisipan.

Aktivitas tersebut termasuk berjalan, berkebun, bersepeda, memancing, berlayar dan berkuda. Setelah melakukan aktivitas di alam terbuka, partisipan menunjukkan perubahan kesehatan mental yang cukup drastis dalam artian yang positif. Dan, perubahan besar itu hanya didapat dengan beraktivitas selama lima menit saja setiap hari.

"Kami percaya, melakukan 'green exercise' berpotensi memberi banyak keuntungan bagi kesehatan mental serta fisik manusia dan lingkungan sekitarnya. Selain itu, aktivitas ini juga tidak membutuhkan biaya mahal. Cukup cari area hijau di sekitar tempat tinggal Anda,"

'Green exercise' tidak harus dilakukan di pedesaan atau pegunungan, tapi bisa juga di perkotaan. Cukup cari daerah asri di dekat rumah Anda. Misalnya saja taman kota, halaman belakang rumah atau area lainnya yang ditumbuhi rumput, pepohonan atau tanaman bunga.

www.orde-baru.blogspot.com