Kamis, 13 Januari 2011

Beranda » Suara Bising Penyebab Kematian No.2 Akibat Faktor Lingkungan

Suara Bising Penyebab Kematian No.2 Akibat Faktor Lingkungan

Bagi Anda yang tinggal di kota besar seperti Jakarta, pasti sangat akrab dengan kemacetan dan suara bising di jalan.

Tahukah Anda bahwa suara mesin, knalpot dan klakson yang terdengar bersahut-sahutan dan sangat memekakkan telinga tidak hanya menimbulkan polusi suara dan menyakitkan telinga suara, tapi suara bising tersebut juga bisa membunuh.

Para ahli dari World Health Organization dan European Commission telah menyimpulkan bahwa suara bising merupakan penyebab nomor dua kematian dan penyakit yang diakibatkan faktor lingkungan. Sedangkan posisi pertama merupakan polusi udara.

Dalam penelitian itu terungkap bahwa terdapat hubungan antara suara bising jalan raya dengan tekanan darah tinggi serta tingkat hormon stres, bahkan ketika seseorang tengah tidur. Dengan bergulirnya waktu, hal itu dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah dan serangan jantung. Demikian yang dinukil dari Genius Beauty, Kamis (14/4/2011).

Para ahli mengklaim, suara bising menjadi penyebab hilangnya 1,6 juta tahun untuk orang yang hidup sehat di Eropa. Setiap tahunnya, 61 ribu tahun hilang secara cuma-cuma karena masalah kesehatan yang muncul setelah serangan jantung akibat suara bising.

Gangguan tidur yang disebabkan oleh suara bising juga menghilangkan 903 ribu tahun kehidupan orang Eropa. Iritasi gugup juga menghilangkan 587 ribu tahun dalam hitungan satu tahun kalender bagi kehidupan orang sehat di Eropa.

Selain itu, suara bising juga membuat kebisingan di telinga sepanjang 22 ribu tahun, dan merampas kehidupan mahasiswa selama 45 ribu tahun yang dapat digunakan untuk pendidikan.

www.orde-baru.blogspot.com