Senin, 03 Januari 2011

Beranda » Sepele Tapi Penting Dilakukan Bangun Tidur Pagi Hari

Sepele Tapi Penting Dilakukan Bangun Tidur Pagi Hari

Hal-hal kecil yang dilakukan di pagi hari bisa membuat hari menjadi menyenangkan dan berdampak positif bagi kesehatan. Tapi sayang sebagian besar orang menghabiskan waktu di pagi harinya dengan tergesa-gesa sehingga tidak memperhatikan hal-hal kecil tapi penting ini.

Berikut ini adalah hal-hal yang sebaiknya dilakukan di pagi hari dan berdampak pada status kesehatan yang lebih baik, seperti dikutip dari Livestrong, Jumat (4/3/2011)

Jangan terburu-buru agar tidak stres

Stres bisa datang kapan saja tanpa memandang waktu, tapi beberapa pemicu stres ini bisa dihilangkan atau dihindari.

Terburu-buru mempersiapkan diri untuk bekerja bisa menimbulkan ketegangan mental dan fisik yang sebenarnya tidak diperlukan. Hal ini secara tidak langsung akan memicu terjadinya stres di pagi hari.

Salah satu penyebab utama stres adalah kewalahan dengan terlalu banyaknya hal yang harus dilakukan. Mayo Clinic menuturkan stres di pagi hari bisa menyebabkan sakit kepala, penurunan kekebalan tubuh dan juga kondisi serius lainnya seperti tekanan darah tinggi.

Agar bisa memiliki kesehatan yang lebih baik, maka cobalah memulai hari dengan lebih santai, memberi waktu bagi tubuh untuk menyesuaikan diri sehingga seseorang tidak perlu terburu-buru beraktivitas. Serta luangkan waktu setiap pagi untuk merencanakan 2-3 hal yang akan dilakukan, karena perencanaan bisa membantu menghindari stres yang berakibat negatif bagi tubuh.

Jangan lupa sarapan

Studi tahun 2005 oleh University of Nottingham di Inggris menemukan bahwa sarapan di pagi hari bisa menghindari lonjakan kolesterol jahat (LDL) serta peningkatan resistensi insulin.

Untuk itu jika ingin memiliki tubuh yang sehat dan bisa menjalani hari dengan lebih baik, kegiatan sarapan sebaiknya tidak ditinggalkan.

Menggerak-gerakkan badan 15 menit

Berolahraga di pagi hari membuat tubuh meluangkan waktu untuk melakukan aktivitas fisik. Tak perlu banyak waktu cukup 15 menit menggerak-gerakkan badan tiap pagi.

Jika olahraga dilakukan sebelum sarapan maka akan memberikan manfaat tambahan bagi kesehatan.

Studi tahun 2010 oleh Research Centre for Exercise and Health di Belgia menemukan bahwa olahraga bisa memperbaiki sensitivitas glukosa dan berguna bagi otot.

www.orde-baru.blogspot.com