Minggu, 09 Januari 2011

Beranda » Perhatikan Ini Pada Rambutmu (Do's & Dont's)

Perhatikan Ini Pada Rambutmu (Do's & Dont's)

Rambut merupakan mahkota wanita. Bukan hanya memerlukan perawatan rutin seperti keramas dan creambath. Merawat rambut juga harus didasarkan dari kebiasaan-kebiasan baik.

Banyak orang yang tidak mengetahui bagaimana merawat rambut dengan benar. Berikut ini kebiasan baik dan buruk untuk kesehatan rambut Anda, seperti dikutip Idiva.

Do's

1. Menyisir rambut setiap hari
Ini seperti saran yang biasa, namun terkadang Anda melupakan menyisir rambut. Menyisir rambut membantu meratakan minyak alami untuk membuat rambut terlihat bersinar dan sehat. Jangan lupa juga menyisir rambut sebelum tidur, agar rambut ikut istirahat.

2. Hati-hati memperlakukan rambut saat masih basah
Rambut basah lebih rapuh dan mudah rontok. Hindari menggosok-gosokkan rambut pada handuk saat masih basah. Cara ideal untuk menghilangkan kelebihan air adalah dengan menekan-nekan rambut ke handuk.

3. Biarkan rambut bernapas
Biarkan rambut bernapas beberapa jam dalam sehari. Tanpa menggunakan jepit dan karet. Mengistirahatkan rambut dari kunciran dan jepit sangat penting untuk perederan sirkulasi darah yang normal pada bagian kepala dan rambut.

4. Merawat sisir
Sisir rambut merupakan sarang kuman dan bakteri. Untuk itu, sisir juga penting untuk mendapatkan perawatan. Singkirkan sisa rambut yang ada pada sisir, lalu rendamlah sisir dalam air panas yang telah diteteskan cairan antiseptik. Cara ini untuk mencegah infeksi kulit kepala.

Dont's

1. Selalu mengeringkan rambut dengan alat pengering
Menggunakan alat pengering rambut atau hair dryer dapat merusak rambut. Penggunakan hair dryer secara rutin dapat menyebabkan rambut menjadi rapuh dan pecah-pecah.

2. Menerapkan kondisioner pada kulit kepala
Menggunakan kondisioner pada kulit kepala membuat rambut tampak kotor dan berminyak. Bahkan dapat menarik kotoran dan debu lebih banyak jika menggunakan kondisioner pada kulit kepala. Sebaiknya gunakan kondisioner hanya pada bagian tengah rambut sampai ujung rambut.

3. Tidak rutin memotong rambut
Ujung-ujung rambut sering pecah-pecah dan kering. Itu merupakan tanda bahwa Anda harus segera memotongnya. Sebelum tanda-tanda itu muncul, sebaiknya potonglah rambut secara regular antara dua atau tiga bulan sekali agar pertumbuhan rambut semakin sempurna.

4. Menggunakan sabun pada rambut
Kandungan sabun dan shampo jelas berbeda. Jangan sekali-kali menggunakan sabun untuk mencuci rambut. Bahan kimia yang terkandung dalam sabun dapat merusak tekstur alami rambut dan dapat menghilangkan sinar rambut.

www.orde-baru.blogspot.com