Senin, 03 Januari 2011

Beranda » Pendidikan Bisa Membuat Lebih Panjang Umur

Pendidikan Bisa Membuat Lebih Panjang Umur

Tahukah Anda bahwa menuntut ilmu dapat membantu Anda hidup lebih lama? Sebuah studi ungkapkan bahwa pendidikan dapat membuat seseorang lebih panjang umur.

Seperti yang dikutip dari Times of India, selain membuat panjang umur, belajar sungguh-sungguh di sekolah atau perguruan tinggi bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Menurut penelitian terbaru, pendidikan juga memiliki korelasi dengan tekanan darah, mengurangi konsumsi alkohol, rokok dan berat badan, .

Penelitian tersebut diprakarsai oleh Framingham Offspring Study, melibatkan 3.890 orang dan membutuhkan waktu selama 30 tahun. Penelitian yang ditulis dalam jurnal BMC Public Health tersebut mencari adanya pengaruh tingkat pendidikan seseorang dengan status penyakit jantung.

"Bahkan ketika disesuaikan dengan variabel sosial-ekonomi, pendidikan memiliki korelasi sebaliknya dengan tekanan darah tinggi, "

Hasil dari penelitian tersebut menyatakan bahwa pria berpendidikan yang menuntut ilmu lebih dari 17 tahun memiliki indeks massa tubuh (Body Mass Index-BMI) lebih rendah. Selain itu, pria tersebut mengurangi kebiasaan merokok, sedikit mengonsumsi alkohol, dan cenderung memiliki postur tubuh yang tinggi, berdasarkan pernyataan dari Brown University, Amerika.

Demikian juga dengan wanita yang berpendidikan, mereka tidak banyak merokok, memiliki BMI rendah namun minum lebih banyak dari saudara wanita mereka yang tidak berpendidikan (tapi tidak lebih banyak dari pria berpendidikan). Dari hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa tingkat akademis yang tinggi mengurangi risiko tekanan darah tinggi.

www.orde-baru.blogspot.com