Senin, 10 Januari 2011

Beranda » Kunci Sukses Dapatkan Karismatik di Kantor

Kunci Sukses Dapatkan Karismatik di Kantor

Karismatik berhubungan erat dengan sikap seorang pemimpin. Ternyata karismatik bukan bawaan dari lahir, tapi sesuatu yang bisa dipelajari.

Menurut penelitian yang ditulis Kenneth Levine dari University of Tennessee, sampai saat ini tidak ada yang dapat menggambarkan dan mengukur karisma secara sistematis. Levine menjelaskan ada beberapa kunci agar seseorang terlihat karismatik.

"Setiap orang memiliki kapasitas kepemimpinan, tapi banyak orang ingin memperlihatkan sisi karismatiknya. Kami menemukan beberapa hal yang membuat orang terlihat karismatik. Anda perlu menampilkan atribut seperti empati, kemampuan mendengar yang baik, kontak mata, antusiasme, rasa percaya diri dan terampil berbicara,"

Levine dan rekan-rekan lainnya mensurvey beberapa mahasiswa dan meminta mereka untuk menjabarkan tentang karisma dan menentukan perilaku yang mereka anggap karismatik.

"Kami memberi pertanyaan pada mahasiswa 'apa itu karisma?' dan mereka cenderung menjawab 'kemampuan untuk...' Nah, kemampuan diyakini dapat diperoleh dan dipelajari dari sifat bawaan, sehingga banyak orang percaya karisma dapat dipelajari,"

Para mahasiswa juga menganggap karisma bukan sesuatu yang sudah tercipta dari lahir, tetapi bisa dipelajari.

www.orde-baru.blogspot.com