Minggu, 02 Januari 2011

Beranda » Desain Rumah Hemat Energi

Desain Rumah Hemat Energi

Di pasaran banyak dijual lampu yang mengklaim hemat energi. Lampu-lampu ini memang berharga relatif mahal di awal pembelian, namun apakah kita pernah berpikir mengenai life cost-nya?

Lampu yang berkualitas jelek pasti lebih sering rusak dan menuntut diganti, dan itu berarti pengeluaran uang, bukan? Jadi saat berbelanja peralatan elektronik, upayakan memilih yang memang benar-benar hemat energi.


Menjawab kebutuhan tersebut, Osram hadir dengan mempersembahkan beragam produk lampu hemat energi.

Misalnya, produk lampu TL Osram Smartlux dan Electronic Ballast Osram serta lampu hemat energi Osram Dulux Value. Beragam produk tersebut akan menjadi solusi bagi Anda yang ingin hemat energi dan hemat biaya.

Orang lebih suka memakai lampu yang lebih terang, ada garansi satu tahun, hemat energi, dan harga kompetitif. Karena itu kami hadirkan Osram Dulux Value.

Kendati lebih hemat energi dan tidak menguras kantong, perlu pengaplikasian yang tepat saat memilih lampu-lampu tersebut.

Menurut Technical Support Manager Osram Indonesia Surya Sidharta, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memasang lampu hemat energi untuk hunian.

"Yang pertama, kita harus melihat berapa tingkat tegangan (daya watt) yang ingin kita pakai di tiap titik. Lalu, kita juga harus melihat aplikasinya itu untuk apa,


Menghitung jumlah titik lampu yang ingin digunakan, juga menjadi langkah lainnya yang harus dilakukan.

"Yang terakhir, kita harus melihat ketinggian lampu yang akan dipasang,"

Selain memilih lampu hemat energi, ventilasi juga turut memengaruhi langkah hemat energi yang ingin ditempuh.

Pasalnya, bangunan dengan bahan kulit atau pelingkup yang memiliki nilai hambatan hantaran panas yang besar akan berpengaruh besar terhadap kenyamanan ruang dalam.

Begitu pula dengan pembayangan bukaan, kaca, maupun teras sama implikasinya dengan kenyamanan termal penghuni rumah. Kita harus ingat panas sinar matahari berpengaruh terhadap suhu ruang dalam melalui tiga cara yaitu konduksi, konveksi, dan radiasi.

"Pemilihan bahan dan desain pembayangan dan bukaan ventilasi yang baik akan berimplikasi terhadap kenyamanan dan energi, terlebih bila kita sering menggunakan AC atau kipas angin,"

www.orde-baru.blogspot.com