Senin, 03 Januari 2011

Beranda » Asupan 5 Nutrisi Untuk Rambut dan Kuku Sehat

Asupan 5 Nutrisi Untuk Rambut dan Kuku Sehat

Untuk memperoleh rambut dan kuku yang sehat, Anda juga harus merawatnya dari dalam. Cukupi asupan lima nutrisi ini setiap hari agar rambut sehat dan berkilau, serta kuku menjadi kuat.

1. Biotin/ Vitamin H
Biotin, atau yang lebih dikenal dengan vitamin H bisa memperbaiki kondisi rambut bercabang dan menipis, sekaligus menguatkan kuku yang mudah rapuh. Dikutip dari Woman's Day, Nina Dibona, konsultan diet dan nutrisionis di salah satu klub olahraga di Boston menjelaskan, "Kekurangan biotin bisa mengakibatkan rambut rapuh dan pecah-pecah, juga kerontokan."

Rajin-rajinlah mengonsumsi pisang, kacang-kacangan, kembang kol, telur dan salmon untuk mencukupi kebutuhan biotin setiap hari.

2. Asam Lemak Omega-3
Agar rambut berkilau, konsumsi lebih banyak omega-3 dalam diet Anda. Omega-3 membantu menyehatkan kulit kepala dan membuat rambut lebih subur dan bercahaya. Nutrisi ini juga melindungi lapisan epidermis terluar yang mengandung keratin dan punya kemampuan menyimpan kandungan air. Kekurangan asam lemak bisa sebabkan kulit kepala kering atau ketombe.

Omega-3 terdapat dalam telur, minyak ikan, mackerel, salmon, sarden, bayam, tuna dan walnut.

3. Protein
Protein adalah unsur penting untuk kesehatan tubuh, terutama rambut dan kuku. Keduanya terbentuk dari struktur protein yang dikenal dengan keratin. "Protein sangat diperlukan untuk pertumbuhan rambut dan kuku yang kuat," jelas DiBona.

Anda bisa mencoba ayam, telur, daging merah tanpa lemak, produk olahan susu rendah lemak, kacang, seafood, kacang kedelai dan gandum utuh.

4. Vitamin A
"Vitamin A membantu produksi sebum, yang berfungsi membuat rambut tampak dan terasa sehat,"

Makanan yang kaya akan vitamin A di antaranya aprikot, brokoli, wortel, keju cheddar, telur putih, mangga, oatmeal, bayam dan kentang.

5. Zinc
Zinc merupakan nutrisi aktif yang membantu sistem imun bekerja secara normal. Zinc juga mempunyai peran penting dalam pembentukan jaringan tubuh. Selain itu, zinc adalah komponen dari ratusan enzim dalam tubuh, yang beberapa diantaranya membuat rambut dan kuku lebih sehat. Sumber zinc terdapat pada kacang mede, kacang hijau, lobster, kerang dan kacang kedelai.

www.orde-baru.blogspot.com