Minggu, 02 Januari 2011

Beranda » 7 Manfaat Menangis Bagi Manusia

7 Manfaat Menangis Bagi Manusia

Air mata bukan indikator Anda seorang wanita sentimentil. Air mata adalah sesuatu yang alami, bahkan baik untuk tubuh.

Sebagian orang menangis saat menonton film, sebagian lain menangis karena sedih, dan banyak lagi alasan mendorong Anda mengeluarkan air mata. Tak perlu menahan diri bila uraian air mata tak mau berhenti.

Berikut tujuh alasan menangis baik untuk Anda, seperti dilansir dari Allwomenstalk.

Membantu kita untuk melihat

Air mata memungkinkan kita untuk melihat. Air mata akan melumasi bola mata dan kelopak mata, juga membantu mencegah dehidrasi dari selaput lendir. Jika mata Anda tidak memiliki pelumasan, maka Anda tidak akan bisa melihat.

Membunuh bakteri

Ketika menangis, Anda telah membunuh bakteri. Air mata Anda akan membantu memerangi bakteri pada mata karena di dalamnya terkandung apa yang disebut lysozyme.

Sebagai luapan emosi

Ketika menangis, Anda membiarkan emosi-emosi dalam diri menguap. Anda pasti merasa sesak di dada sebelum menangis. Itu adalah emosi yang mencoba keluar dan jika Anda membiarkannya, air mata akan keluar.

Merasa baik sesudah menangis

Ketika menangis, Anda pasti akan merasa lega. Jadi kalau Anda benci menangis di depan orang, duduklah di tempat yang hening lalu menangis atau menangis di bahu teman untuk perasaan lebih plong.

Air mata menghilangkan racun

Tahukah Anda bahwa air mata membantu menghilangkan racun yang disebabkan oleh stres? Nah, sekarang silakan Anda melakukannya!

Menangis meredakan stres

Ketika menangis, Anda telah membantu menurunkan tingkat stres diri sendiri. Sama seperti berolahraga membantu menurunkan stres, begitu pula menangis. Bila Anda menahan air mata, Anda hanya akan meningkatkan stres.

Mencegah depresi

Jika Anda kerap menahan luapan emosi dan air mata, bukan hanya stres yang akan Anda rasakan, tapi juga depresi. Depresi tentu bukan kondisi yang menyenangkan. Jadi, jangan ragu untuk membiarkan air mengalir untuk sementara waktu.

www.orde-baru.blogspot.com